Segini Biaya Kepemilikan Yamaha Gear 125 Selama Satu Tahun

Berita Otomotif

Segini Biaya Kepemilikan Yamaha Gear 125 Selama Satu Tahun

JAKARTA – Yamaha Gear 125 tidak hanya ditawarkan dengan harga yang terjangkau, tapi juga memiliki biaya kepemilikan yang murah.

Dewasa ini konsumen cukup kritis dalam menentukan pilihan kendaraan harian. Misalnya, dalam memilih motor, kebanyakan orang saat ini cenderung lebih suka dengan produk jenis skutik.

Kendaraan jenis skutik ini mendominasi pilihan masyarakat Tanah Air, karena menawarkan flexibiltas.

Selain itu, skutik juga menawarkan efisiensi penggunaan bahan bakar, sehingga semakin memanjakan penggunanya.

Skutik yang irit bahan bakar akan menjadi pilihan utama masyarakat di kelas entry-level.

Tidak hanya irit bahan bakar, kendaraan juga harus mudah dan murah dalam hal perawatan, sehingga tidak membebani konsumen.

Yamaha Indonesia merupakan salah satu pabrikan motor di Tanah Air yang menawarkan skutik di segmen entry-level. Sebut saja Yamaha Gear 125, FreeGo 125, Fino Series, X-Ride dan Mio Series.

“Masyarakat Indonesia semakin kritis dalam memilih sepeda motor. Maka dari itu, kami menawarkan skutik 125cc yang memiliki banyak fitur canggih dan praktis dengan harga terjangkau,” kata RIyadi, Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 


Yamaha Gear 125

Skutik di segmen entry-level yang ditawarkan oleh Yamaha diklaim mempunyai biaya kepemilikan yang sangat terjangkau.

RIyadi menjelaskan bahwa, biaya kepemilikan Yamaha 125 meliputi servis, sparepart dan konsumsi BBM.

Rincian biaya sendiri mengacu pada harga yang ditetapkan Yamaha Flagship Shop (FSS), sehingga mungkin akan terdapat perbedaan harga di masing diler maupun area.

Secara umum, pengguna skutik Yamaha 125 hanya perlu mengeluarkan biaya wajib sebesar Rp290 ribuan untuk satu tahun pemakaian. Adapun dana tersebut sudah termasuk dengan part dan servis ringan menggunakan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) dan Yamalube FI Cleaner.

“Yamaha memberikan fasilitas Kartu Servis Gratis (KSG) untuk 4 kali servis di tahun pertama. Selain itu, Yamaha juga memberikan 1 kali gratis penggantian oli mesin. Dan setelahnya oli harus diganti setiap 3.000 km, dikenakan biaya sebesar Rp 47.500,” ucap Hasan Ardiansyah, Service Advisor Yamaha FSS.
Biaya kepemilikan Yamaha Gear 125

Kemudian pada tahun pertama juga ada estimasi penggantian busi biasanya per 6.000 km sebesar Rp 14.500, penggantian oli transmisi maksimal 12.000 km sebesar Rp13.000.

Agar performa semakin mantap, perlu dilakukan perawatan CVT per 12.000 km dengan biaya sebesar Rp 35.000, dan perawatan Injeksi 12.000 km harga Rp75.000.

Disamping itu, terdapat biaya untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebagai contoh, Yamaha Gear 125.

Konsumsi bahan bakar Yamaha Gear 125 sebanyak 115 liter untuk menempuh jarak 9 ribu kilometer dalam 1 tahun. Jika menggunakan bensin oktan 90 (Pertalite) dengan harga Rp 7,650 per liter (update per 16/8/2021), maka estimasi biaya BBM yang perlu dikeluarkan pengguna Yamaha Gear 125 sebesar Rp 879.750, atau kurang dari Rp1 juta.

Dari kedua perhitungan di atas, total biaya wajib selama setahun pertama khusunya bagi pemilik Yamaha Gear 125 sebesar Rp 1.174.250. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar