Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil yang Perlu Diketahui

Panduan Pembeli

Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil yang Perlu Diketahui

JAKARTA - Musim hujan sudah tiba, bagi pemilik mobil pemerikasaan kendaraan secara menyeluruh wajib dilakukan. Salah satu bagian mobil yang perlu diperiksa adalah wiper. Pastikan kondisinya masih layak pakai, misalnya karet tidak getas, dan masih mampu menyeka air hujan di kaca depan mobil dengan cepat.

Wiper mobil sangat berguna ketika sedang berkendara di bawah guyuran hujan, Wiper membantu penglihatan pengemudi ke arah luar kendaraan karena fungsi utamanya adalah menyapu air hujan di kaca mobil. 

Begitu pentingnya peran wiper, maka Anda harus pastikan performanya masih prima. Apabila sudah tidak layak pakai, sebaiknya diganti dengan yang baru. Tetapi sebelum menggantinya, Anda perlu tahu terlebih dahulu jenis-jenis wiper.

Tidak banyak yang tahu, sebenarnya ada tiga jenis wiper yang umum digunakan pada mobil-mobil keluaran terkini, seperti wiper konvensional, hybrid dan frameless.

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer PT Bosch Indonesia menjelaskan perbedaan dari masing-masing jenis wiper mobil yang beredar di Indonesia.

Wiper Konvensional


Menurut Maria, wiper konvensional terdiri dari karet wiper dan rangka besi yang terlihat jelas dengan bentuk seperti wiper pada umumnya.

Keunggulan dari wiper jenis ini adalah pemasangannya yang mudah dan harga lebih terjangkau serta ukuran beragam.

Kelemahannya, rangka besi pada wiper konvensional mudah korosi apabila mobil diletakkan di luar rumah atau garasi dan sapuan wiper kurang efektif karena terpengaruh angin dari luar. 

Wiper Frameless

Wiper frameless merupakan wiper dengan tampilan modern dan pemasangannya mudah sekali.

Keunggulan wiper frameless adalah penggunaan flatbed sebagai pengganti rangka besi seperti yang ada di wiper biasa.

Kelemahannya dari segi harga, umumnya wiper frameless dibanderol cukup mahal. Namun, dibalik harganya yang mahal kemampuannya menyapu air hujan lebih maksimal.

Wiper Hybrid 

 

Bagaimana dengan wiper hybrid? Wiper hybrid sendiri merupakan gabungan dari wiper konvensional dengan frameless. Sebenarnya, bentuk dari wiper hybrid itu seperti frameless tapi rangka besinya diganti dengan plastik.

Keunggulannya adalah sapuan wiper lebih baik daripada konvensional dan lebih menekan ke kaca ketimbang wiper biasa. Sedangkan kelemahannya adalah harganya lebih mahal dibandingkan wiper konvensional.




Berita Utama


Komentar