Tetap Mau Beli MPV Murah dan RWD? Daihatsu Masih Jual Xenia Lama, Kok

Berita Otomotif

Tetap Mau Beli MPV Murah dan RWD? Daihatsu Masih Jual Xenia Lama, Kok

KEBUMEN – Daihatsu kini menjual dua opsi Xenia: model lama berpenggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) dan generasi baru berpenggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menegaskan pihaknya tetap memproduksi Xenia lawas, meskipun model generasi ketiganya resmi meluncur pada 11 November 2021.

“Kami akan tetap jualan Xenia lama, yang berpenggerak roda belakang, sampai tidak ada demand (permintaan)-nya,” ucap dia di sela-sela test drive All New Xenia pada 1—2 Desember 2021 dengan rute Kebumen—Semarang.

Sekadar mengingatkan, All New Xenia yang meluncur bulan lalu berubah secara radikal dari berbagai aspek. Tidak hanya desain eksterior dan interior yang dirombak, namun juga platform, fitur-fitur, maupun sistem penggerak rodanya yang beralih dari RWD ke FWD—yang cukup menjadi sorotan.

Harga on the road (OTR) Jakarta All New Xenia ketika meluncur ialah 190,9—244,2 juta. Terdapat 21 tipe yang bisa dipilih pasar Tanah Air.

Lebih lanjut, Xenia lawas RWD yang tetap dijual hanya terdiri dari satu tipe. Menurut Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), konsumen hanya bisa membeli Xenia 1.3 X MT.

“Hanya yang mesin 1.300 cc saja. Mesin 1.500 cc-nya tidak ada,” tegas dia.

Daihatsu Xenia generasi kedua

Target konsumen Xenia RWD tipe ini adalah para pebisnis. Akan tetapi, jika ada pembeli perorangan alias retail yang menginginkannya, Daihatsu tetap bakal melayani.

“Mayoritas, sih, sebenarnya yang banyak akan beli adalah untuk fleet. Tapi, kalau misalnya konsumen retail ada yang masih memerlukan, ya, boleh juga. Biasanya mereka (para pembeli fleet) memakai untuk bisnis rental mobil,” papar Hendrayadi.

Daihatsu Xenia RWD

Xenia generasi pertama meluncur di Indonesia pada akhir 2003, dengan penjualan yang dimulai pada awal 2004. Pionir segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini adalah ‘saudara’ dari Toyota Avanza.

Xenia generasi kedua lalu meluncur pada 2011 dan sempat disegarkan pada 2019, sebelum akhirnya digantikan generasi baru pada November 2021. Pada bulan yang sama, All New Avanza juga diperkenalkan.

Xenia-Avanza generasi ketiga masih tetap diproduksi oleh ADM. Namun, Veloz yang hadir sejak 2011 sebagai varian termewah dari Avanza kini dipisahkan sebagai merek tersendiri dan diproduksi oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). [Xan/Dms]

Cek langsung daftar harga seluruh mobil Daihatsu di sini.



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar