Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tesla Pilih Investasi di Malaysia, Luhut: Saya akan Ketemu Elon Musk!

Berita Otomotif

Tesla Pilih Investasi di Malaysia, Luhut: Saya akan Ketemu Elon Musk!

JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan bertemu lagi dengan Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon Musk untuk berbicara soal potensi investasi di Indonesia.

Hal ini Luhut katakan setelah Tesla memutuskan menanamkan modal di negara ‘tetangga’ Indonesia yaitu Malaysia.

Sekadar mengingatkan, Tesla akan membangun kantor pusat, juga Tesla Experience and Service Center di Cyberjaya, Selangor. Merek mobil listrik asal Amerika Serikat itu resmi beroperasi di ‘Negeri Jiran’ pada Kamis (20/7/2023).

Luhut, ketika menjadi pembicara dalam ‘Nickel Conference CNBC Indonesia’ yang disiarkan via YouTube pada Selasa (25/7/2023), menegaskan bakal menyambangi Elon ke ‘Negeri Paman Sam’ pada 3 Agustus 2023 mendatang.

Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk

“Saya akan bertemu dengan Elon minggu depan di California. Besok (hari ini—Red) kami akan memfinalisasi insentif apa saja yang akan kami kasih ke semua investor EV (electric vehicle/kendaraan listrik) di Indonesia,” papar Luhut.

“Mengenai Tesla, kita lihat saja apa yang terjadi pada 3 Agustus,” tegasnya lagi.

Sebelumnya, Luhut sudah pernah mendatangi Elon Musk untuk meyakinkan dia berinvestasi di Bumi Pertiwi. Hal itu terjadi pada April 2022.

Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk

Lebih lanjut, Luhut mengatakan Indonesia punya keunggulan dalam merayu para pabrikan kendaraan listrik untuk berinvestasi. Negara ini punya nikel—bahan baku baterai—yang berlimpah dan bisa mengolahnya.

“Kita lihat apa yang terjadi (dengan Tesla) karena kalau kita lihat sekarang semua harga komoditas turun kecuali nikel. Kenapa naik karena kami bisa mengekstraksi kobalt dari nikel yang ada di Indonesia. Jadi kita punya komoditas spesial yang saya pikir dibutuhkan oleh global. Kita diberkati oleh Tuhan untuk hal ini,” papar dia.

Luhut mencontohkan BYD asal China sebagai salah satu pabrikan mobil listrik yang mau berinvestasi di Tanah Air. Demi melancarkan rencana tersebut, Presiden Joko Widodo bersama delegasi pemerintah Indonesia akan bertemu dengan BYD pada akhir bulan ini.

“BYD juga ingin investasi di Indonesia dan pada 27 (Juli) kami akan bertemu BYD di Chengdu dalam kunjungan kerja Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—ke China,” beber Luhut. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang