Suzuki Swift Strong Hybrid Siap Eksis di Tanah Air

Berita Otomotif

Suzuki Swift Strong Hybrid Siap Eksis di Tanah Air

TANGERANG - Hadirnya Suzuki Swift Strong Hybrid di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 merupakan langkah lanjutan dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air. 

Pada gelaran GIIAS kali ini, Suzuki Indonesia menampilkan teknologi terkininya  strong hybrid pada diri Suzuki Swift. Memang bukan yang pertama karena PT SIS sendiri sempat melansir teknologi hybrid ringan (mild hybrid) pada Suzuki Ertiga diesel. 

Perbedaannya, strong hybrid Suzuki sekarang sudah menerapkan dua perangkat tambahan yaitu motor generator unit (MGU) dan baterai lithium. Dengan kemajuan teknologi ini, all-new Suzuki Swift Strong Hybrid siap eksis apabila nantinya dijual di Indonesia. 

Harold Donnel, 4W Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS mengakui mengenai penyebarannya masih dalam tahap studi. Namun, soal posibilitasnya Ia menyebut Suzuki Swift Strong Hybrid sangat cocok untuk pasar Indonesia. 

"Jika melihat Suzuki Swift yang digabungkan dengan teknologi strong hybrid, ini adalah perpaduan yang baik untuk market di Indonesia. Kenapa? Karena dalam 5-10 tahun ke depan Indonesia akan disesaki masyarakat produktif dan dinamis. Swift juga diposisikan untuk kendaraan anak muda. Dan, ini adalah masa transisi yang sangat baik di mana Swift tidak hanya punya performa baik, tapi juga mendukung lingkungan hidup dengan penggunaan BBM yang jauh lebih efisien," katanya di Booth Suzuki di ICE, BSD City, Tangerang (8/8). 

Terapan teknologi itu nyatanya terbukti membuat Suzuki Swift Strong Hybrid menjadi produk Suzuki global paling irit. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS. Bahkan, urusan performa meningkat signifikan dibanding Swift bermesin konvensional. 

"Suzuki Swift Strong Hybrid bisa mencapai konsumsi BBM 1/32 km/liter (berdasarkan pengujian Japannese JC08 Cycle) dan mobil ini menjadi yang tertinggi (tingkat efisiensinya) dibanding produk Suzuki lainnya," terang Yulius. 

Ia juga mengatakan Swift Strong Hybrid dibekali motor listrik bertenaga 13 hp dan torsi 30 Nm. Sementara daya baterai yang terpasang memiliki daya 446 wH bertegangan 101,4 volt. Sedangkan mesin dual jet engine 1.200 cc milik city car ini berkemampuan 89 hp di 6.000 rpm dan torsi 118 Nm pada 4400 rpm.

Pertanyaan lanjutannya adalah apakah PT SIS sudah siap jikalau masyarakat tertarik dengan Suzuki Swift Strong Hybrid? Secara tegas pula Suzuki Indonesia menyatakan kesiapannya apabila studi tentang mobil ini sudah diputuskan. 

"Standard operating procedur kami, saat kami meluncurkan model baru apapun itu modelnya, kami juga menyiapkan jaringan bengkel di seluruh Indonesia untuk perawatan mobil tersebut. Jadi, Kalau misalnya nanti keluar tidak perlu khawatir karena kami sudah siap," tutup Yulius. ###  



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual