Merasakan Suzuki Swift GS

Review

Merasakan Suzuki Swift GS

JAKARTA - Banyak faktor yang menentukan orang dalam membeli hatchback asal Jepang. Faktor utama adalah kemampuan mobil, kedua adalah kenyamanan. Soal onderdil bisa disingkirkan karena dealer-dealer mobil Jepang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Karena itu, PT Suzuki Indomobil Sales merasa faktor kenyamanan pada Suzuki Swift harus ditingkat agar penumpang tetap merasa betah. Tidak hanya merasa betah tapi juga memudahkan pengendara dalam mengemudi seperti menyematkan fitur cruise control pada Suzuki Swift GS yang diluncurkan awal bulan lalu.

Mobil123 sempat merasakan Suzuki Swift GS transmisi otomatis. Bagaimana performanya? Mari kita ulas.

Desain eksterior sporty
Tak hanya memberikan aura mewah, kesan sporty juga turut dikeluarkan melalui lampu HID projektor dengan auto leveling headlight. Lampu depan Suzuki Swift GS didesain serupa dengan Suzuki Swift Sport.

Suzuki Swift GS juga menampilkan grille U-shape baru yang diklaim lebih trendy maksimal. Bagian belakang bisa disimak perpaduan antara lampu berhenti dan bumper yang menyatu sempurna. Dilihat sepintas tak ada perbedaaan signifikan dengan Swift tipe terendah. Pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris ini lebih maksimal penampilannya dengan roda 16".

Interior
Untuk mengakses kabin penumpang, Anda tidak perlu menekan tombol pada remote. Cukup tarik handle pintu mobil karena kendaraan daya tampung 5 penumpang ini mengandalkan keyless entry.

Begitu sampai di dalamnya, Anda akan disajikan dengan fitur cruise control untuk pertama kalinya di segmen ini. Menarik bukan? Pengoperasian fitur masa depan ini sangat mudah seperti fitur cruise control lain.

Untuk pengendara tinggi badan 168 cm cukup leluasa. Interior Suzuki Swift GS memang didesain lega. Desain kursi menarik dan empuk memeluk punggung karena kursi dirancang menyesuaikan dengan bentuk tubuh dan dilengkapi seat height adjuster untuk menciptakan kenyamanan posisi duduk.

Urusan interior desain serta tampilanya memang terkesan biasa saja atau bisa dibilang tak ada yang spesial. Dominasi warna hitam mampu mengimbangi tampilan sporty-nya.

Fitur berikutnya adalah Telescopic-Adjustable Steering Wheel yang memudahkan pengaturan setir sesuai dengan kenyamanan pengemudi, High-Grade Meter Cluster + Multi Information Display yang tampil dengan desain sporty dan didukung dengan MID digital dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin.

Performa mesin
Di balik kap tersimpan mesin K14B DOHC 4-silinder 1.4-liter yang mampu melontarkan tenaga 95 Ps. Mesin tersebut responsif di putaran rendah. Asiknya ketika di kecepatan tinggi, performanya tetap mengesankan untuk mesin 1.4-liter.

Alhasil Suzuki Swift GS menciptakan kesan fun to drive ala city car. Ditambah lagi konsumsi BBM Suzuki Swift GS sudah terbukti keiritannya. Begitu melihat meter cluster, MID menunjukkan 14,5 km/l (di jalan bebas hambatan).

Suspensi
Suzuki Swift GS memberikan handling yang nyaman serta kemudi yang enteng saat bermanuver. Dimesin yang tidak berubah dari versi standar memberikan dampak kestabilan saat bermanuver di kecepatan yang lebih tinggi. Nikmat sekali. Karakter suspensi empuk tapi tidak memberikan efek terlalu limbung.

Namun ketika melintasi jalan berlubang terasa bunyi yang agak mengganggu telinga.

Suzuki menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dan Coil Spring, dan suspensi belakang torsion beam + coil spring untuk memastikan kestabilan bodi saat menikung dan memaksimalkan kenyamanan berkendaraan.

Kesimpulan
Dengan harga Rp 223,5 untuk transmisi otomatis dan Rp 214,4 juta untuk transmisi manual, Suzuki Swift GS sangat kompetitif. Harga menarik dengan fitur yang menarik pula bisa menjadi pilihan berkendara Anda. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual