Suzuki Karimun Wagon R Baru Masih Dikembangkan

Berita Otomotif

Suzuki Karimun Wagon R Baru Masih Dikembangkan

JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales mengakui bahwa pihaknya sedang melakukan pengembangan untuk Suzuki Karimun Wagon R.

Namun, mereka mengklaim bahwa pengembangan tersebut tidak dilakukan sepenuhnya oleh PT SIS selaku produsen dari Suzuki Wagon R. Mereka harus bekerjasama dengan Suzuki Pakistan mengingat mobil tersebut memang telah diekspor ke negara tersebut.

“Penyegaran Karimun Wagon R sedang dalam proses, tetapi saat kami melakukan penyegaran itu tidak bisa hanya menyerap aspirasi dari Indonesia tapi juga dari negera tujuan ekspor. Sebab mobil ini juga kami ekspor. Sekarang pengembangan sudah dilakukan juga dengan Suzuki Pakistan,” ungkap Donny Saputra, Marketing Director 4W PT SIS.

Pentingnya masukan dari Suzuki Pakistan dikarenakan saat ini Suzuki Karimun Wagon R lebih laris di negara tersebut ketimbang di Indonesia. Padahal, Suzuki Karimun Wagon R di Pakistan masih diimpor dari Indonesia dalam bentuk CKD.

“Komposisi penjualan kami per bulan untuk ekspor Karimun Wagon R itu lebih besar daripada penjualan domestik. Lebih tinggi enam sampai tujuh kali lipat daripada jualan di domestik,” tambah Donny.

Saat ini Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia boleh dikatakan tidak sebesar mobil LCGC dari brand lain. Tercatat pada Januari 2018, Suzuki Karimun hanya berhasil terjual sekitar 533 unit, jauh di bawah Toyota Agya yang berhasil terjual sebanyak 2.258 unit.

Suzuki Karimun Wagon R hadir di Indonesia dengan enam varian dan dijual mulai dari Rp 117,8 juta hingga Rp 138 juta. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support