Daihatsu Kembali Produksi untuk Pasar Domestik Setelah Tertahan Pandemi Corona

Berita Otomotif

Daihatsu Kembali Produksi untuk Pasar Domestik Setelah Tertahan Pandemi Corona

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai memproduksi mobil untuk pasar domestik setelah sempat puasa karena pandemi atau Corona.

Sebelumnya disampaikan bahwa PT ADM melakukan penutupan pabrik saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di area pabrik.

Namun setelah Pemerintah DKI Jakarta menurunkan status PSBB menjadi PSBB Masa Transisi, maka PT ADM mulai bisa kembali melakukan produksi kendaraan. Mulai bulan Juli 2020, proses produksi ADM ditujukan bukan hanya untuk memenuhi permintaan pasar ekspor tetapi juga untuk pasar dalam negeri atau domestik.

Namun volume produksi ADM di bulan Juli 2020 dipastikan masih akan dalam jumlah terbatas. Ini karena seluruh aktivitas dan proses produksi harus memenuhi protokol Covid-19 dan mengikuti peraturan PSBB Masa Transisi.

Mengantisipasi kenaikan permintaan kendaraan Daihatsu baik untuk pasar ekspor dan domestik di masa yang akan datang, saat ini ADM mempersiapkan proses produksi di pabrik secara 2 shift. Implementasi penerapan produksi 2 shift masih dalam tahap latihan di bulan Juli 2020 dan diharapkan akan secara optimal diimplementasikan mulai bulan Agustus 2020.

“Kami berharap, persiapan produksi 2 shift di bulan Juli 2020 akan menjadi awal kenaikan produksi selanjutnya di sisa tahun 2020. Semoga ekonomi Indonesia dapat segera pulih dan pasar mobil bergairah kembali,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

PT ADM sendiri harus menutup sementara kedua pabrik mereka mulai 10 April 2020 yang merupakan hari dimulainya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Mulai hari yang sama, mereka juga menyetop secara temporer aktivitas operasional seluruh dealer dan bengkel resmi di Ibu Kota.

Kemudian pada awal Juni 2020, PT ADM mulai memproduksi kendaraan namun hanya untuk keperluan ekspor. Daihatsu pun menegaskan kegiatan perakitan sudah mengikuti segala ketentuan dalam Kementerian Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 mengenai protokol dalam bekerja di masa new normal.

Hingga berita ini dibuat, penularan Covid-19 di Indonesia sebenarnya masih jauh dari kata usai. Jumlah kasus positif baru masih terus berlangsung dan pada 2 Juli 2020 sudah mencapai 59.394 kasus positif atau meningkat 1.624 kasus. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar