Nissan Terra Diklaim Lebih Hebat Dibanding Fortuner dan Pajero Sport

Berita Otomotif

Nissan Terra Diklaim Lebih Hebat Dibanding Fortuner dan Pajero Sport

JAKARTA – Nissan Terra diklaim tak sebanding Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, sehingga tidak benar-benar bersaing secara head to head karena beragam diferensiasi yang dimilikinya.

Terra merupakan sport utility vehicle (SUV) terbaru Nissan yang menjalani debut global di Beijing Auto Show 2018, akhir April tahun ini. Terra selanjutnya diluncurkan di Filipina pada penghujung Mei dan bersamaan dengan itu Nissan mengumumkan bakal mengaspalkannya di Indonesia selambat-lambatnya Maret 2019.

Sejak pengumuman tersebut, Terra disanding-sandingkan dengan Fortuner serta Pajero Sport di segmen High SUV. Namun, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito mengklaim calon jagoannya itu tidak sebanding dengan dua 'seniornya' itu.

“Terra milik kami punya kemampuan sangat kuat dan kabin tujuh penumpang yang sangat lega bahkan di kursi baris ketiganya. Karena itu, mobil ini bisa digunakan tak hanya sebagai sport utility vehicle (SUV) tapi bisa juga bisa jadi mobil multifungsi layaknya multi purpose vehicle (MPV) dan dipakai bersama keluarga. Selain itu, segala spesifikasinya bisa pula membuatnya dijadikan mobil VIP. Konsumen bisa melihatnya dari aspek berbeda-beda jika dikomparasi dengan mobil-mobil lain,” papar Koito belum lama ini di Jakarta.

Lebih lanjut, Koito menolak mengatakan pihaknya terlambat masuk ke segmen High SUV Indonesia yang sudah dikuasai oleh Fortuner plus Pajero Sport. Bagi Nissan, yang terpenting ialah menawarkan produk dengan spesifikasi superior di segmennya maupun di mata konsumen.

“Saya yakin tidak ada kata terlalu lambat atau terlalu cepat. Kami yakin sudah mengembangkan model baru dengan spesifikasi superior yang sangat kompetitif. Jadi, tidak ada kata terlalu cepat atau terlampau lambat. Jika kami menghadirkan produk kuat di Indonesia, performanya akan superior di pasar dan diterima oleh konsumen di Indonesia,” tandas dia.

Sayang, Koito belum bersedia membuka banyak hal mengenai spesifikasi Terra untuk Indonesia, termasuk soal seberapa besar perbedaannya dengan versi di Filipina. Ia hanya menyebut spesifikasi dasarnya mirip, bahkan sama.

Di antaranya adalah mesin diesel 2.5 L YD25DDTi I4 dengan gelontoran tenaga 188 hp. Sasisnya menggunakan ladder frame, dengan ground clearance 225 mm yang diklaim tertinggi di kelasnya.

Fitur-fitur keamanan dari teknologi Nissan Intelligent Mobility juga bakal ada pada Terra untuk pasar Indonesia, meski belum diketahui apakah selengkap dengan yang ada di Filipina. Di sana, Terra dilengkapi antara lain dengan Departure Warning, Blind Spot Warning dan Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Smart Rear View Mirror.

Untuk mendukung teknologi keselamatan, Terra di Filipina ditingkatkan kontrolnya dengan 4WD-DIFF lock system, Hill Start Assist, Hill Descent Control. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual