Nissan Kembali ke SUV Berdesain Kotak Lewat Terra

Berita Otomotif

Nissan Kembali ke SUV Berdesain Kotak Lewat Terra

TANGERANG – Nissan kembali ke sport utility vehicle (SUV) berdesain mengotak lewat model terbaru mereka, Terra, yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada 2 – 12 Agustus ini.

Terra, dengan perkiraan harga on-the-road Jakarta mulai Rp 460 juta, menjadi mobil baru pertama yang dibawa Nissan ke Indonesia setelah beberapa tahun belakangan vakum. SUV yang menjalani debut global di Beijing Auto Show pada April 2018 itu bakal menantang jagoan-jagoan lama seperti Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport.

Mobil ini masuk ke pasar dengan tampilan mengotak. Gaya desain seperti ini sudah ditinggalkan oleh Fortuner, apalagi Pajero Sport atau SUV sekelas lainnya yang makin mengarah ke konsep SUV urban dengan lekuk-lekuk lebih mengalir dan tak bersudut tajam.

Desain mengotak sendiri tercatat dengan tinta tebal di rekam jejak SUV-SUV Nissan. Bentuk serupa terlihat antara lain pada Nissan Terrano, Nissan Patrol. Nissan Pathfinder dan Nissan X-Trail sempat lekat pula dengan desain mengotak, sebelum berganti bahasa desain lewat generasi terbaru masing-masing. Lantas, apa yang membuat pabrikan asal Jepang ini kembali lagi ke bentuk seperti itu?

Masayuki Ohsugi, General Manager Research and Development PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), menjelaskan bahwa desain Terra dibuat berdasarkan preferensi konsumen dari segmennya yang mayoritas laki-laki. Menurut survei Nissan, ada sebagian konsumen yang masih suka bentuk seperti ini.

“Tidak semuanya memilih desain modern yang relatif membulat. Kami melihat ada permintaan pasar untuk desain mengotak serta berkesan tangguh,” tandas dia meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam sesi wawancara di sela-sela GIIAS 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Meski mempunyai desain yang tak mengikuti tren terkini SUV, Nissan tetap memberikan aspek-aspek modern plus fitur canggih pada Terra. Ohsugi menjelaskan bahwa di eksteriornya hal ini dapat terlihat dari lampu depan LED, grille depan kromium dengan lekuk modern, hingga pelek 18 inchi.

Fitur-fitur berteknologi mutakhir juga tersemat di Terra. Misalnya saja Hill Descent Control, Hill Start Assist, 4WD Switch di varian 4x4, Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Intelligent Around View Monitor dengan teknologi Moving Object Detection, Intelligent Rear View Mirror.

Terra memiliki opsi sistem penggerak dua roda atau empat roda dengan Rear Differential Lock System. Spesifikasi mesinnya adalah YD25DDTi turbodiesel 2.5-liter berdaya maksimal 188 hp dengan torsi maksimal 450 Nm.

Sasisnya menggunakan ladder frame. Ground clearance Terra yang 225 mm diklaim tertinggi di kelasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support