Nissan Punya Strategi Baru untuk Pasar Indonesia

Berita Otomotif

Nissan Punya Strategi Baru untuk Pasar Indonesia

JAKARTA – Nissan mengumumkan strategi baru untuk pasar Indonesia, khususnya menyangkut penambahan dealer secara masif dalam lima tahun ke depan.

Nissan melalui keterangan pers pada awal pekan ini memberitahukan rencana perluasan jaringan dealer sebanyak dua kali lipat hingga akhir tahun fiskal 2022, yang berakhir pada Maret 2023. Strategi ini sendiri termasuk ke dalam rencana jangka menengah korporasi secara global yang bernama Nissan M.O.V.E 2022.

Nissan M.O.V.E 2022 merupakan akronim dari Mobility (mobilitas), Operational Excellence (kesempurnaan operasional), Value to Customers (nilai untuk pelanggan) dan Electrification (elektrifikasi). Di dalamnya terdapat ambisi menghadirkan banyak mobil listrik baru khususnya untuk pasar Cina, penambahan mobil otonom, penjualan sejuta unit mobil hybrid plus listrik, dan peningkatan kondisi finansial Nissan.

Lebih lanjut, dealer-dealer Nissan juga bakal mengikuti Nissan Retail Concept (NRC). Konsep ritel baru ini bertujuan untuk meningkatkan semua aspek pengalaman pelanggan di dealer Nissan, termasuk melalui desain fasilitas, proses layanan dan lingkungan digital.

 “Tujuan kami adalah untuk mendefinisikan kembali apa arti Nissan bagi pelanggan. Kami memperkenalkan strategi komprehensif untuk meneruskan komitmen Nissan di Indonesia dan mentransformasi seluruh pengalaman kepemilikan dan kepuasan pelanggan melalui produk dan teknologi yang inovatif dan peningkatan layanan,” ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito.

Strategi penjualan dan perluasan jaringan dealer salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia itu di Tanah Air akan dipimpin Wakil Presiden Penjualan Alan Caugant yang baru saja ditunjuk. Caugant memiliki latar belakang pengalaman otomotif yang luas di banyak pasar, termasuk Eropa, Cina, dan Amerika Latin.

“Nissan memiliki rencana yang jelas akan bisnis penjualan kendaraan dan purna jual. Rencana ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati lebih banyak opsi melalui inisiatif Nissan Customer Power 2022. Kami juga akan memperluas bisnis melalui penjualan ritel, korporasi dan fleet. Sebagai contoh, Nissan akan mendirikan Nissan Business Centers, yang memastikan pelanggan fleet mendapatkan layanan dan purna jual yang lebih baik melalui berbagai inisiatif,” ujar dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual