Nissan Terra Dipastikan Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Berita Otomotif

Nissan Terra Dipastikan Meluncur di Indonesia Tahun Ini

CLARK – Nissan Terra dipastikan bakal meluncur di Indonesia pada tahun fiskal 2018, yang berakhir pada Maret 2019 mendatang.

Kepastian tersebut diumumkan bersamaan dengan debut Asia Tenggara Terra, Senin (28/5/2018) di Clark, Filipina. Filipina menjadi negara kedua di dunia yang mendapatkan Terra, setelah sport utility vehicle (SUV) dengan sasis ladder frame ini menjalani peluncuran global di Cina pada April lalu.

Terra selanjutnya bakal diluncurkan di Thailand serta Indonesia pada tahun fiskal ini. Negara Asia Tenggara selanjutnya yang kedatangan Terra adalah Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam. Terra untuk region ini bakal diproduksi di Thailand.

“Hadirnya Nissan Terra menandai langkah terbaru kami dalam melakukan ekspansi produk di kawasan ini. Hal ini merupakan bagian penting dalam pelaksanaan rencana jangka menengah bisnis Nissan, Nissan M.O.V.E to 2022, untuk kawasan ini,” kata Regional Senior Vice President Asia Oceania Nissan Motor Corporation Yutaka Sanada di dalam keterangan pers.

Sebagai informasi, Nissan M.O.V.E 2022 merupakan akronim dari Mobility (mobilitas), Operational Excellence (kesempurnaan operasional), Value to Customers (nilai untuk pelanggan) dan Electrification (elektrifikasi). Di dalamnya terdapat rencana menghadirkan banyak mobil listrik baru khususnya untuk pasar Cina, penambahan mobil otonom, penjualan sejuta unit mobil hybrid plus listrik, dan peningkatan kondisi finansial Nissan secara global.

Lebih lanjut, melalui Terra, Nissan mencoba memenuhi permintaan terhadap SUV berukuran menengah yang tumbuh di pasar Asia Tenggara. Segmen SUV sendiri tetap berada di peringkat tiga teratas dan menjadi pendorong pertumbuhan di Asia Tenggara.

Terra berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘Bumi’. Sesuai namanya, peluncurannya di Clara, Filipina pun dilakukan di antara dua gunung berapi.

SUV satu ini berkapasitas tujuh penumpang dengan tempat duduk nyaman serta ruang kabin yang diklaim terbaik di kelasnya. Terra juga dilengkapi kursi baris kedua yang memiliki fungsi folding dan tumbling, sehingga sangat sesuai untuk perjalanan dalam kota maupun petualangan off-road.

Terra dilengkapi dengan sasis ladder frame yang serba guna dan diperkuat untuk memberikan ketangguhan mengemudi di medan off-road. Mobil ini juga dilengkapi five-link coil spring rear suspension system serta rigid rear-wheel axle demi memastikan kenyamanan berkendara tetap sejalan dengan ketangguhan dan kekuatannya.

Spesifikasi Terra di Filipina
Terra di pasar Filipina dilengkapi berbagai teknologi dari Nissan Intelligent Mobility. Sebut saja Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection. Terra merupakan SUV pertama dengan Smart Rear View Mirror.

Untuk mendukung teknologi keselamatan, Terra dilengkapi dengan peningkatan kontrol berupa 4WD-DIFF lock system, Hill Start Assist, Hill Descent Control. Di sisi lain, kendaraan ini memiliki ground clearance setinggi 225 milimeter.

Di Filipina, Terra dipersenjatai mesin diesel YD25. Memiliki keluaran tenaga dan torsinya masing-masing mencapai 190 hp serta 450 Nm. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar