Sopir Angkot ini Punya Skill Tingkat Dewa Saat Operasikan Transmisi Manual

Berita Otomotif

Sopir Angkot ini Punya Skill Tingkat Dewa Saat Operasikan Transmisi Manual

MANILA - Pengemudi Jeepney,angkutan kota di Filipina ini punya keterampilan mengemudi yang atraktif, mengoperasikan tuas transmisi manual dengan menggunakan kaki.

Adalah Giancarlo Dones, sang sopir angkot yang berhasil menguasai skill perpindahan transmisi manual dengan kaki. Kaki kanan pria asal Indang, Filipina ini sangat cekatan untuk melakukan perpindahan gear di negara yang menganut paham mobil posisi setir di sebelah kiri. 

Dalam video yang beredar di Facebook ini tampak Done bisa mengerakkan kaki kanannya layaknya melakukan perpindahan gear dengan tangan. Jika melihat posisinya, Ia diuntungkan karena letak tuas persneling yang berada sedikit ke bawah alias pendek. 

Tidak ada keterangan apakah posisi tuas persneling sedemikian itu adalah hasil reka agar Done bisa melakukan aksinya. Dan apa yang dilakukannya ini tentu membuat pekerjaannya menjadi lebih praktis, karena jika perpindahan gear dilakukan dengan tangan, badannya akan agak sedikit membungkuk kesebelah kanan.

Seperti kita ketahui, lalu lintas di kota-kota di Filipina khususnya ibukota Manila tidak jauh berbeda dengan Indonesia, padat, macet plus sering tidak beraturan. Pada kondisi ini transmisi manual perlahan tapi pasti mulai ditinggal, Anda dan banyak orang pasti lebih nyaman menggunakan transmisi otomatis.

Yang dilakukan Done adalah bagian dari evolusi dirinya sendiri agar bisa lebih nyaman di situasi lalu lintas dengan kondisi berat. 

Jeepney sendiri merupakan sarana transportasi paling umum dan populer di Filipina. Awalnya angkutan umum ini dibuat dari Jeep Willys MB milik militer Amerika Serikat peninggalan perang dunia II dan kemudian berkembang mendominasi jalan-jalan di Filipina.

Terakhir, apakah Anda tertarik untuk mempelajari skill yang sama dengan Done?. Sebaiknya jangan Anda lakukan karena cukup berbahaya, namun jika merasa tertantang tanggung sendiri segala risikonya. Atau apakah Anda pernah melihat langsung skill mengemudi seperti ini? kami tunggu cerita dan video atau gambarnya di akun Facebook Mobil123.com. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support