8 Sedan Mewah Bekas Murah, Tak Jauh dari Rp100 Juta

Mobil Bekas

8 Sedan Mewah Bekas Murah, Tak Jauh dari Rp100 Juta

Sedan masih meninggalkan kesan elegan di mata konsumen Indonesia, apalagi jika modelnya memang dari merek mewah. Jika mencari sedan mewah plus murah, silakan tengok ke pasar mobil bekas.

Secara porsi penjualan di pasar mobil baru, sedan memang bukan jenis yang populer di Indonesia. Kontribusinya tak sampai 1 persen dari total penjualan di masa prapandemi Covid-19 maupun di momen pandemi sekarang.

Sebagai gambaran, berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Mei 2021, penjualan sedan dari berbagai pabrikan--mulai merek 'massal' hingga yang 'ningrat'--cuma 2.755 unit. Porsinya hanya 0,86 persen dari total pasar mobil yang mencapai 320.749 unit.

Kendati begitu, menurut pembesar-pembesar dari beberapa agen pemegang merek mewah di Indonesia dalam berbagai kesempatan, penjualan sedan masih dapat bersaing dengan SUV yang saat ini sedang menjadi tren. Ini karena kesan premium yang masih melekat di kendaraan jenis tersebut.

Nah, bagi Anda yang terpikat juga oleh nuansa elegan sedan tapi hanya punya bujet setara Low Cost Green Car (LCGC), sedan mewah bekas bisa dilirik sebagai solusi lantaran cenderung lebih murah.

Sedan Mewah Bekas Murah Rp100 Jutaan Pilihan Mobil123.com

Dengan semua pertimbangan di atas, apakah Anda masih kesengsem dengan sedan dan ingin punya sedan mewah murah? Kalau jawabannya adalah "Ya", mari kita tilik sedan-sedan bekas seharga murah seharga LCGC di Mobil123.com, salah satu situs jual-beli kendaraan terbaik di Indonesia.

Kisaran harga LCGC sendiri sekarang Rp100 jutaan. Paling mahal, harganya masih kurang dari Rp170 juta.

Karena itu, Mobil123.com menyempitkan pilihan ke sedan mewah bekas seharga Rp100 juta lebih sedikit saja. Sesuai dengan populasinya, unit mayoritas terdiri dari BMW atau pun Mercedes-Benz.

Dari BMW, varian yang mendominasi adalah Seri 3. Di sisi lain, Mercedes-Benz kebanyaan adalah C-Class.

Sisanya berasal dari merek-merek ‘minoritas’ semisal Volvo maupun Jaguar.

Berikut ini 8 di antaranya dari begitu banyak pilihan iklan yang tersedia di dalam situs. Di nomor paling buncit, ada ‘kejutan’ menarik dari Mobil123.com untuk pecinta Mercy retro:

  1. Mercedes-Benz C-Class Bekas 2005 (Rp106 Juta)

sedan mewah bekas semurah LCGC, harga Rp100 jutaan

Dengan modal setara Daihatsu Ayla di tipe-tipe terbawahnya, di pasar mobil bekas Anda sudah bisa mendapatkan sedan Mercedes-Benz C-Class bekas 2005 dengan tipe C240 Elegance AT (W203). Unit berwarna bodi hitam ini diiklankan di Mobil123.com dengan  harga Rp106 juta (kredit) dan Rp112 juta (tunai).

Diler penjualnya Mecatech Auto yang punya cabang di Blok M Square atau Bintaro. Total Down Payment (TDP/Total Uang Muka) hanya Rp24 juta, dengan cicilan Rp3,64 juta x 35 bulan.

  1. BMW Seri 3 Bekas 2002 (Rp108 Juta)

sedan mewah bekas semurah LCGC, harga Rp100 jutaan

Masih di tataran harga tak jauh dari opsi pertama, terdapat BMW Seri 3 bekas 2002 dengan tipe 318i (E46) AT. Diler penjual di Surabaya membanderolnya Rp108 juta saja.

Sayangnya, tidak disebutkan berapa perbedaan harga antara pembelian secara kredit maupun tunainya. Namun, diler mengatakan bahwa harga masih bisa ‘digoyang’ alias dinegosiasikan oleh peminat.

Meski dijual oleh diler Surabaya, mobil mempunyai pelat B (Jakarta). Pajak tahunan sudah berakhir pada 10 Oktober 2020 dengan besaran sekitar Rp2 jutaan per tahun, dan pajak pelat (lima tahunan) masih berlaku sampai 10 Oktober 2022.

  1. BMW Seri 3 Bekas 2003 (Rp113 Juta)

sedan mewah bekas semurah LCGC, harga Rp100 jutaan

Jika menambah sedikit modalnya, ada BMW Seri 3 bekas bertipe sama dengan pilihan kedua, tapi dari tahun produksi 2003. Seperti unit yang dijual oleh diler Bimmerom yang punya cabang di Tanah Kusir, Jakarta Selatan atau Serpong, Tangerang Selatan ini.

Berita baiknya, harga sedan mewah bekas ini baik kredit maupun tunai sama, yakni Rp113 juta.

  1. Mercedes-Benz S-Class Bekas 1998 (Rp117 Juta)

sedan mewah bekas murah Rp100 jutaan

Untuk penggemar Mercy yang menyukai bentuk lebih klasik, tersedia S-Class bekas 1998 seharga Rp117 juta. Unit berwarna bodi putih ini bertipe S320 AT (W140).

Penjualnya adalah Shava Autocar yang berlokasi di Jakarta. Tidak disebutkan, berapa perbedaan harga antara pembelian secara kredit dan pembelian secara tunai.

Diler menjamin unit bukanlah bekas tabrakan maupun kebanjiran. Mercy retro yang mereka jual sudah dilengkapi dengan Double Glass, jok kursi kulit yang masih orisinil, dan diklaim tidak ada malfungsi.

“Mesin dan transmisi matik normal. Kondisi top dan bagus. Mobil tinggal pakai. Suspensi masih nyaman dana man,” jelas penjual.

  1. BMW Seri 3 Bekas 2008 (Rp118 Juta)

sedan mewah bekas murah Rp100 jutaan

Masih dengan harga tak sampai Rp120 juta, ada BMW Seri 3 bekas 2008 dengan tipe 320i Business Edition (E90). Diler Vins Auto Gallery yang bertempat di Jakarta hanya memasang harga Rp118 juta saja untuk pembelian secara kredit.

“Untuk yang masih menawar, coba cek ‘toko sebelah’ dulu ya,” tandas mereka.

Unit berwarna perak tersebut diklaim dalam kondisi siap pakai, tidak perlu perbaikan ke bengkel. Mesin maupun transmisi disebut berjalan normal serta halus, dengan kaki-kaki yang masih normal pula.

“Pelek racing (orisinilnya sudah tidak ada),” jelas mereka untuk unit dengan km pendek, pajak hidup, dan diklaim bukan bekas tabrakan maupun kebanjiran tersebut.

  1. Volvo S80 Bekas 2005 (Rp128 Juta)

sedan mewah bekas murah Rp100 jutaan

Soal penjualan maupun jaringan diler plus bengkel resmi, Mercy serta BMW adalah dua merek mobil mewah terdepan di Indonesia. Namun, bagi yang amat menggilai merek Volvo, terdapat S80 AT bekas 2005 dengan warna bodi hitam yang dijual oleh diler di Blok M Mall, Jakarta.

Tak terlalu banyak keterangan yang diberikan. Hanya disebutkan bahwa status pajak dari unit berbanderol Rp128 juta itu masih hidup dan jarak tempuhnya pendek (30 ribu km).

Dikatakan pula bahwa unit punya spare keys komplet. Pemilik lawasnya disebut lebih banyak menyimpan mobil di garasi.

“Collector’s item (bisa jadi barang koleksi),” aku diler.

  1. Jaguar S-Type Bekas 2000 (Rp129 Juta)

sedan mewah bekas murah Rp100 jutaan

Para pecinta merek-merek mewah Inggris bisa melongok Jaguar S-Type bekas 2000 dengan tipe X200 ini. Diler Arjuna Motor yang menawarkannya hanya memasang harga Rp129 juta.

Sayangnya, diler hanya menerima pembayaran secara tunai untuk sedan bermesin 3.0-liter ini. Status pajak masih hidup.

“Kondisi istimewa, antik, mulus, dan terawat. Tinggal pakai, tidak ada PR (pekerjaan rumah),” klaim diler untuk yang disebut masih sepenuhnya orisinil dan tidak ada malfungsi tersebut.

  1. Mercedes-Benz E-Class Bekas 1994 (Rp137 Juta)

sedan mewah bekas murah Rp100 jutaan

Sebagai pilihan pamungkas di daftar, Mobil123.com berikan Mercy E-Class bekas buatan 1994. Unit berwarna biru dengan tipe E320 Sportline AT tersebut dibanderol Rp137 juta oleh Shava Autocar di Jakarta.

Ada tiga info penting yang diler tulis: unit lulus inspeksi di lebih dari 200 titik, tidak bekas tabrakan maupun kebanjiran, plus surat-surat terjamin keabsahannya.

Tentu saja, delapan unit di atas hanya sedikit ‘penggoda’ untuk Anda. Pilihan yang ada di Mobil123.com masih amat banyak dan kemungkinan bisa membuat pemburu Mercy atau BMW bekas murah berbinar-binar. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar