Riset: Warga Amerika Makin Jarang Gonta-ganti Mobil Baru

Berita Otomotif

Riset: Warga Amerika Makin Jarang Gonta-ganti Mobil Baru

WASHINGTON D.C –  Menurut riset terkini, warga Amerika Serikat makin gemar mempertahankan mobilnya dalam waktu lama. Ini berpengaruh pada usia mobil yang bersliweran di jalanan (vehicle in operation/VIO).

HIS Markit, seperti dilaporkan Reuters baru-baru ini, merilis studi yang memperlihatkan rata-rata usia mobil dari jenis sedan, SUV, maupun double cabin pick-up di jalanan Negeri Paman Sam per Januari 2020 adalah 11,9 tahun, meningkat tipis dari 11,8 tahun pada setahun sebelumnya. Total roda empat yang beroperasi sendiri saat ini sudah lebih dari 280 juta unit.

Pada 2009, rata-rata usia pakai mobil di sana 10,3 tahun. Sementara, pada 2002, rata-ratanya masih 9,6 tahun.

Penelitian terkini HIS Markit dilakukan selama periode sebelum pandemi virus Corona (Covid-19). Pandemi diyakini bakal membuat hasil studi selanjutnya menunjukkan peningkatan. Pasalnya, banyak orang yang bekerja bergantian dari rumah dan kantor atau benar-benar dari rumah sehingga mobil lebih jarang dipakai.

“Kami pastinya berekspektasi hasilnya nanti akhirnya menembus 12 tahun,” ucap Todd Campau, Aftermarket Specialist HIS Markit.

Harga dan Kualitas Mobil
Usia mobil di Amerika Serikat menunjukkan tren peningkatan yang stabil dalam 20 tahun terakhir. Ini, menurut lembaga riset tersebut, disebabkan oleh harga jual yang makin mahal serta peningkatan kualitas dari produknya sendiri.

“Mereka merasa nyaman memakai mobil mereka lebih lama dari sebelumnya. Pada pertengahan 1990-an, jarak tempuh 100 ribu mil (hampir 161 ribu km) adalah batas maksimal dari kendaraan. Kini, di jarak tempuh yang sama, kendaraan baru menunjukkan isu-isu teknis,” papar Todd.

Fenomena tersebut membuka peluang bagi pemasukan dari layanan purnajual maupun industri komponen. Dari sisi pemerintah, penggunaan kendaraan yang dari tahun ke tahun makin lama tidak baik bagi emisi gas buang serta keselamatan.

Wacana stimulus dari pemerintah pun muncul. Ada perdebatan di tataran regulator mengenai perlu-tidaknya memberika insentif bagi pembeli kendaraan, agar usia roda empat di jalanan bisa dipangkas dan polusi dari sektor itu dapat dikurangi.

Tingkat keselamatan di jalan pun bisa lebih terjaga dengan kendaraan baru. Akan tetapi, wacana ini masih mengambang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar