Tol Banyak dan Tiket Mahal, Pengguna Pesawat Libur Akhir 2019 Bisa Turun

Berita Otomotif

Tol Banyak dan Tiket Mahal, Pengguna Pesawat Libur Akhir 2019 Bisa Turun

JAKARTA – Gencarnya pembangunan jalan tol baru plus harga tiket angkutan udara yang mahal diprediksi membuat penumpang pesawat di libur akhir tahun ini turun lagi.

Diberitakan sebelumnya, Perkiraan puncak arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dari Kementerian Perhubungan sendiri tak jauhh berbeda dari proyeksi kepolisian. Puncak arus mudik Natal dimulai 20 Desember (mobil pribadi), 21 Desember (bus), lanjut lagi pada 27 Desember untuk libur tahun baru.

Adapun arus balik pada 1 – 2 Januari 2020 untuk pengguna jalan darat. Untuk pengguna jalur transportasi udara, 5 Januari 2020.

Kementerian Perhubungan memprediksi penumpang angkutan umum di libur Natal 2019 dan tahun baru 2020  untuk seluruh moda bakal mencapai 16,41 juta orang. Jumlahnya turun tipis 0,18 persen jika dibandingkan libur Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Satu-satunya moda yang diproyeksikan mengalami penurunan adalah pesawat. Kemenhub meramalkan ada reduksi 8,4 persen dari 5,76 juta tahun lalu menjadi 5,28 juta.

Total penumpang bus diperkirakan 1,75 juta (naik 3,55 persen) dan kereta api 5,91 juta (4,04 persen). Adapun penumpang transportasi laut 1,19 juta (1,84 persen) dan penumpang penyeberangan 2,27 juta (6 persen).

“Perkiraan kami berdasarkan asumsi-asumsi dan tren,” ucap Polana B. Pramesti, Direktur Jendral Perhubungan Laut Kemenhub dalam konferensi pers Rencana Operasi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 pada awal pekan ini di Jakarta.

Polanda memaparkan proyeksi penurunan pengguna angkutan udara didasarkan atas beberapa faktor. Pertama adalah karena survei Kemenhub menunjukkan 70 persen pergerakan libur akhir tahun di lingkup domestik berada di Pulau Jawa.

Di pulau ini, infrastruktur transportasi darat seperti jalan tol sudah sangat berkembang. Harga tiket pesawat yang masih relatif mahal menjadi penyebab kedua.

“Di Jawa, jalan bagus, kereta bagus. Barangkali ada perpindahan moda transportasi dari udara ke darat. Lagipula di libur akhir tahun orang-orang ingin (melakukannya) sekeluarga. Dengan jalur darat, bisa lebih guyub dan efisien karena kalau dari harga tiket pesawat tak seperti dulu,” paparnya.

Sebagai informasi, penurunan pengguna pesawat sudah terjadi pula pada akhir tahun lalu. Ketika itu, reduksi mencapai persentase dua digit.

Polanda berharap fakta penurunan di lapangan tahun ini tak sebesar prediksi. Pasalnya, beberapa maskapai sudah memberikan diskon dan harga avtur dari Pertamina juga bersedia diturunkan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support