Gajah Tunggal Bangun Pabrik Ban Radial di Karawang

Berita Otomotif

Gajah Tunggal Bangun Pabrik Ban Radial di Karawang

JAKARTA - PT Gajah Tunggal tengah membangun pabrik baru yang akan fokus memproduksi ban radial dari brand roda-dua  IRC.

Seperti diketahui, PT Gajah Tunggal Tbk memiliki lahan yang sangat luas yakni mencapai 65 hektar di bilangan Karawang, Jawa Barat. Rencananya akan ada beberapa fasilitas yang dibangun oleh mereka. Salah satunya adalah proving ground sebagai sarana pengujian produk, baik roda-empat maupun roda-dua yang diresmikan 2017.

Tahun ini, PT Gajah Tunggal Tbk kembali menambah fasilitas di atas lahan tersebut dengan mendirikan pabrik ban sepedamotor. Upaya ini dilakukan agar Gajah Tunggal maupun IRC bisa menekan harga jual ban khususnya tipe radial di pasar Tanah Air.

Saat ini pangsa terbesar ban radial berada di segmen motorsport. Ditambah lagi, perkembangan pasarnya di Indonesia juga cukup baik. Maka dari itu ban radial IRC RMC810 coba hadir untuk memenuhi kebutuhan pemilik motorsport tersebut.

"Kami melihat pasar ini segmentasinya juga sudah terlihat jelas. Di kelas yang sama, impor dan teknologi yang diusung ban kami paling value for money,” kata Ferdy Septian, Assistant Brand Manager Motorcycle Tire. 

Saat ini ban radial IRC RMC810 memiliki ukuran cukup lengkap dan spesifikasi mumpuni. Ban yang masih diimpor ini punya dua speed rating yaitu H Rating (kecepatan 210 km/jam) dan yang baru saja diperkenalkan adalah ZR Rating (270 km/jam).

IRC RMC810 saat ini sudah punya delapan ukuran yaitu 110/70-17, 140/70-17 dan 150/60-17 (H Rating) dan lima ukuran ZR Rating yang terdiri dari dua ban depan (120/60-17 dan 120/70-17) serta tiga ban belakang (160/60-17, 180/55-17 dan 190/70-17).

“Penambahan kategori IRC Tire RMC810 merupakan salah satu langkah merespon tingginya pertumbuhannpasar motor sport di Indonesia. Penjualannya dalam kuartal pertama 2018 meningkat 6,22% dibanding tahun lalu,” ujar Leonard Gozali, Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk.

Hal paling menarik adalah harga jual dari ban IRC RMC810 yang sangat kompetitif. Dodiyanto, Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan selisihnya dengan kompetitor bisa mencapai Rp 500-600 ribu.

"Jadi, harganya pasti akan lebih murah lagi jika nanti ban radial ini sudah diproduksi di sini. Teknologinya juga sama dengan versi yang sekarang masih impor dari Jepang. Paling cepat produksi akan dilakukan anak bangsa pada 2019," tutup Dodi. [Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support