PSBB Ketat DKI, Karyawan Daihatsu Cuma Ngantor 7 Hari Sebulan

Berita Otomotif

PSBB Ketat DKI, Karyawan Daihatsu Cuma Ngantor 7 Hari Sebulan

JAKARTA – Daihatsu ikut menyesuaikan hari kerja para karyawannya di kantor, mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat untuk yang kedua kalinya di DKI Jakarta. Mereka juga memakai aplikasi khusus yang memonitor jarak plus kondisi kesehatan.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan lagi PSBB ketat mulai 14 September 2020 hingga 2 pekan setelahnya. Kebijakan ini diambil karena angka penduduk positif virus Corona (Covid-19) di Ibu Kota kembali melonjak, setelah pemberlakuan PSBB transisi mulai awal Juni.

Ada kemungkinan memperpanjang PSBB ketat jilid II, jika angka penularan tetap tinggi. PSBB ketat pertama di Jakarta sendiri berlangsung pada April – permulaan Juni silam.


Daihatsu, melalui keterangan resmi pada akhir pekan lalu, mengatakan pihaknya telah mengatur jam kerja mengikuti aturan PSBB ketat DKI kali ini yaitu hanya 25 persen karyawan yang boleh bekerja dari kantor (Work From Office/WFO) dalam satu waktu. Sebanyak 75 persennya wajib bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Adapun ketika PSBB transisi, porsi antara WFO dengan WFH adalah 50 persen – 50 persen.

Karena itu, merek yang berada di bawah grup Toyota ini, satu karyawan selama PSBB ketat DKI jilid II hanya bekerja 7 hari satu bulan. Daihatsu pun menggunakan aplikasi monitor internal untuk memastikan jarak antar karyawan ketika bekerja di kantor selalu dalam batas aman yang diatur pemerintah yakni minimal 1,5 meter.


Tak hanya itu saja. Setiap karyawan mereka pun diwajibkan melakukan deklarasi kesehatan secara mandiri dan rutin setiap hari melalui aplikasi yang sama.

Pabrikan asal Jepang tersebut menerapkan semua kebijakan di atas demi mendukung PSBB ketat DKI yang kedua. Selain itu, mereka mengutamakan kesehatan serta keselamatan para karyawan maupun pemangku kepentingan.

“Daihatsu berkomitmen untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dengan mengoptimalkan aktivitas karyawan yang bekerja di kantor menjadi 25%. Hal ini merupakan usaha demi meminimalisir penyebaran Covid-19 di seluruh area, sehingga karyawan tetap dapat bekerja dengan aman dan produktif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar