Polri Kasih 197 Ribu Sopir Terdampak Corona Rp 600 Ribu Selama 3 Bulan

Berita Otomotif

Polri Kasih 197 Ribu Sopir Terdampak Corona Rp 600 Ribu Selama 3 Bulan

JAKARTA – Sebanyak total 197 ribu sopir di Indonesia yang terdampak pandemi virus Corona akan ikut mendapat bantuan dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Bantuan tersebut, seperti dikutip dari situs resmi National Traffic Management Center (NTMC) Polri, adalah untuk sopir bus, taksi, maupun truk yang dinilai terdampak pandemi. Pendataan calon penerima bantuan sudah mulai dilakukan oleh Korps Lalu Lintas, khususnya satuan lalu lintas di daerah setempat, selama status darurat Corona.

Adapun nilai bantuan, menurut Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, sebesar Rp 600 ribu. Santunan ini nantinya diberikan per tiga bulan.

“Jumlah penerima bantuan sebanyak 197 ribu pengemudi. Dengan besaran Rp 600 ribu dan akan diberikan per tiga bulan dalam bentuk tabungan dengan difasilitasi kartu debit,” ucap Argo di Jakarta pada Senin (13/4/2020).

Polri tidak memberikan bantuan rutin itu dalam bentuk uang tunai, melainkan berbentuk uang elektronik di dalam kartu yang menjadi produk Bank Rakyat Indonesia (BRI). Penerima kelak dapat langsung membelanjakannya untuk membeli kebutuhan di minimarket maupun tempat-tempat lain yang menerima pembayaran menggunakan kartu tersebut.

“Bentuk penyalurannya menggunakan kartu Brizzi dari Bank BRI. Di mana bantuan ini, hanya bisa digunakan untuk pembelian sembako di mini market atau di pasar swalayan yang menyediakan alat EDC atau debit. Tidak bisa ditarik tunai berupa uang,” tukas Argo.

Para penerima bantuan nantinya juga wajib mengikuti pelatihan yang disusun satuan lalu lintas. Materi pelatihannya sendiri beragam, seperti protokol pencegahan virus corona, safety driving,atau pun safety riding.

Menurut Argo, bantuan secara simbolis akan serentak disalurkan pada 20 April mendatang di seluruh Polda. Meski begitu, tahap tahap pertama pemberian bantuan sudah dimulai pada 15 April hingga 15 Mei.

“Tahap pertama pada 15 April hingga 15 Mei 2020. Tahan kedua pada 16 Mei hingga 15 Juni 2020 dan tahap ketiga 16 Juni hingga 15 Juli 2020,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar