Perusahaan Inggris BP Ikutan Buka SPBU di Indonesia

Berita Otomotif

Perusahaan Inggris BP Ikutan Buka SPBU di Indonesia

JAKARTA – Perusahaan minyak dan gas asal Inggris, British Petroleum (BP), ikut terjun ke bisnis bahan bakar minyak (BBM) retail di Indonesia dengan meluncurkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada tahun ini.

BP menjadi ‘pemain’ swasta selanjutnya setelah Shell, Total serta Vivo yang mencoba menyaingin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina dengan membuka SPBU di Tanah Air. Sebelumnya ada pula Petronas, tapi akhirnya mereka mundur dari bisnis ini.

Neale Smither, Vice President of New Market, BP Downstream, menjelaskan bahwa dalam usia mereka yang lebih dari 100 tahun BP sudah membuka 18 ribu SPBU di 20 negara. Mereka melayani 8 juta konsumen di seluruh dunia.

Mereka sendiri sudah 50 tahun berbisnis di Indonesia, khususnya di sektor upstream. Bisnis terkait otomotif yang sebelumnya mereka garap antara lain adalah produksi serta penjualan pelumas dengan merek Castrol.

“Sekarang kami membuat milestone baru dengan membuka SPBU di Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers pembukaan SPBU BP pada Kamis (14/2/2019) di Jakarta.

Bisnis SPBU BP dilakukan dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture) bernama PT. Aneka Petroindo Raya dengan PT. AKR Corporindo. Mereka beroperasi dengan nama BP AKR Fuels Retail.

“Perjalanan kami di bisnis ini dimulai sekitar dua tahun lalu, tepatnya pada April 2017,saat kami menandatangani pembentukan perusahaan patungan dengan PT. AKR Corporindo yang beroperasi dengan nama BP AKR Fuels Retail,” ucap Peter Molloy, President Director BP AKR Fuels Retail.

Ia menjelaskan bahwa per hari ini BP sudah memiliki empat SPBU yang masing-masing berada di Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang. Lokasi tepatnya adalah Cibubur, Jababeka, Bintaro, Serpong.

“Pada tahun ini kami berencana membuka 20 SPBU. ” tandasnya.

Richard Jones, Expert Technology, BP Global Fuels Technology, menjelaskan pihaknya tentu akan menyediakan BBM bagi mesin bensin serta mesin diesel. Ada tiga varian BBM mesin besin yang dijual.

“Untuk mesin bensin adalah BP 90, BP 92, BP 95 dan satu varian untuk diesel yaitu BP diesel, tandasnya.

350 SPBU dalam 10 Tahun
Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur PT. AKR Corporindo, menjelaskan bahwa perusahaan patungan BP di Indonesia menargetkan untuk memiliki lebih dari 300 SPBU. Jumlah ini ingin digapai dalam satu dekade.

“Kami akan membuka 350 SPBU dalam 10 tahun ke depan,” tegasnya.

Neale menjelaskan bahwa jaringan SPBU BP bakal dibangun dengan berbagai macam strategi. Kadang mereka membeli lahan, menyewa lahan, atau bekerja sama dengan pihak lain dan membiayai sebagian investasi.

“Karena itu sulit menyebut rata-rata nilai investasi jika melihat variasi cara kami membangun jaringan,” tutup Neale. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar