Bensin di SPBU BP Diklaim Bisa Cegah Pengendapan Kotoran di Mesin

Berita Otomotif

Bensin di SPBU BP Diklaim Bisa Cegah Pengendapan Kotoran di Mesin

JAKARTA – Bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) milik British Petroleum (BP) diklami memiliki teknologi yang mampu mencegah pengendapan kotoran di mesin.

Seperti diberitakan sebelumnya, BP tidak kuasa menahan godaan untuk membuka SPBU di Indonesia. Peluncuran SPBU milik perusahaan minyak dan gas asal Inggris ini dilakukan pada Kamis (14/2/2019) di Jakarta.

Richard Jones, Expert Technology, BP Global Fuels Technology menerangkan SPBU mereka menjual empat jenis bahan bakar minyak (BBM). Tiga di antaranya untuk mesin bensin, sedangkan untuk mesin diesel tidak disediakan pilihan.

“Untuk mesin bensin adalah BP 90, BP 92, BP 95 dan satu varian untuk diesel yaitu BP diesel,” ucapnya dalam konferensi pers.

Sayangnya, BP tidak bersedia memberitahu harga terkini dari setiap jenis BBM tersebut. Mereka hanya menjelaskan banderol BBM di SPBU mereka akan diriviu secara rutin untuk melihat kondisi pasar serta kententuan pemerintah.

“Ada kerangka kerja (framework) harga BBM dari pemerintah bagi semua perusahaan untuk dipenuhi dan kami bekerja berdasarkan hal itu. Di dalam kerangka kerja ada tolerasi rentang harga. Harga kami akan tergantung dari toleransi itu, lokasi, dan bagaimana kebijakan harga dari para kompetitor kami,” papar Peter Molloy, President Director BP AKR Fuels Retail kemudian.

Active Technology
Salah satu klaim keunggulan SPBU BP adalah kualitas BBM. Richard menjelaskan bahwa hampir seluruh BBM mereka di Indonesia memiliki inovasi bernama Active Technology.

“BP 90, BP 92, BP 95 disertai dengan Active Technology,” akunya.

Active Technology merupakan formula inovatif hasil pengembangan BP yang dapat membantu melindungi mesin kendaraan dari pengendapan serta penumpukan kotoran. Ini mereka sebut-sebut sebagai masalah yang sering terjadi seiring berjalannya waktu dan berbagai kondisi mengemudi dan terjadi pada bagian-bagian penting mesin seperti katup saluran masuk (inlet valve).

Kotoran ini bisa mengurangi performa mesin, membuat konsumsi BBM lebih moros, hingga membuat kerja mesin lebih kasar.

Formula Active Technology dalam BBM BP melindungi mesin dari penumpukan kotoran. Jutaan molekul aktifnya menempel pada permukaan logam mesin, kemudian membentuk lapisan pelindung yang membantu menghentikan pengikatan kotoran pada logam. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar