Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pertama di Indonesia! Diler Toyota Ini Pakai Robot Melayani Konsumen

Berita Otomotif

Pertama di Indonesia! Diler Toyota Ini Pakai Robot Melayani Konsumen

JAKARTA - Auto2000 mulai menggunakan robot untuk melayani konsumen. Hal tersebut diklaim baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

Jaringan diler serta bengkel resmi Toyota di Indonesia itu menamakannya 'Robot Pelayanan Auto2000'. Auto2000 Yos Sudarso terpilih sebagai cabang pertama yang menggunakannya.

Akan tetapi, Robot Pelayanan Auto2000 perlahan tapi pasti akan hadir di cabang-cabang lain. Pada tahap awal, bakal ada 26 robot yang tersebut di cabang-cabang wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Sumatera.

Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan mengatakan pemanfaatan teknologi bantuan untuk manusia (human assist technology) merupakan hal menarik dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Jaringan diler yang masih menjadi bagian dari Grup Astra ini ia sebut ingin menuju konsep ‘Dealer of Tomorrow - Ultimate Channel’.

“Hadirnya robot ini kami harapkan dapat menciptakan visual appeal atau impresi yang unik dan berbeda ketika AutoFamily berkunjung ke Auto2000,” kata dia melalui keterangan resmi, Rabu (9/3/2022) sore.

“Layanan ini menciptakan pengalaman baru dan interaksi yang inovatif juga personal sebagai bentuk hospitality bersama robot plus karyawan frontliners Auto2000, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan saat berkunjung ke cabang sebagai bagian dari misi kami, to help people enjoy their mobility,” lanjut Martogi.

Robot Pelayanan Auto2000 'ditugaskan' di sekitar area ruang pamer (showroom), area pencatatan servis, serta ruang tunggu servis. Titik-titik ini biasanya menjadi wilayah interaksi langsung antara konsumen dengan staf Auto2000.

Robot mungil tersebut memiliki fungsi penyapa tamu, pemandu jalan, pramusaji, juga pengantar barang kebutuhan pelanggan mulai dari welcome drink, katalog informasi produk, peralatan makan-minum, perlengkapan disinfeksi, dan lain-lain.

Tim cabang Auto2000 beberapa waktu juga sempat menggunakannya untuk memberikan kejutan kepada konsumen yang berulang tahun ketika sedang berkunjung.

Pekerjaan Robot Pelayanan Auto2000 tak berhenti sampai di situ. Ia masih harus bertugas sebagai media promosi bergerak untuk menyampaikan informasi program, layanan terkini Auto2000, plus informasi seputar model-model teranyar Toyota.

Auto2000 juga akan memanfaatkannya dalam menyokong aktivitas berbagai promo, event luring (offline), maupun konten media sosial.

Penggunaan robot di diler, menurut Auto2000, sebelumnya tidak pernah dilakukan merek-merek otomotif lain di Tanah Air. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang