Persiapan yang Harus Dilakukan Pengendara Motor untuk Menghadapi Musim Hujan

Panduan Pembeli

Persiapan yang Harus Dilakukan Pengendara Motor untuk Menghadapi Musim Hujan

Pengendara motor harus melakukan berbagai persiapan ketika menghadapi musim hujan, supaya terhindar dari masalah yang mungkin saja bisa terjadi saat berada di tengah perjalanan.

 

Hujan sulit diprediksi kapan turunnya, kadang pagi, siang atau sore. Oleh karena itu, penting bagi penggguna sepeda motor untuk mempersiapkan segala hal, mulai dari kendaraan yang hendak dipakai, hingga perlengkapan pendukung kenyamanan dan keamanan.

 

Kali ini kami rangkum persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh pengendara motor di musim hujan.

Siapkan Jas Hujan 

Hal pertama dalam persiapan bermotor di musim hujan adalah jas hujan.

 

Jas hujan merupakan barang wajib dan harus tersedia di bagasi motor.

 

Apabila Anda belum memilikinya, disarankan untuk membeli jas hujan yang saat ini banyak tersedia di toko online.

 

Harganya bervariasi mulai dari Rp78 ribu untuk jas hujan merek Hugo. Ada juga merek Axio seharga Rp190 ribu, dan Respiro dibanderol Rp249,7 ribu.

Pelindung Sepatu 

Pelindung sepatu berfungsi untuk membungkus alas aki supaya tidak basah karena terkena air hujan.

 

Harga pelindung sepatu cukup murah, mulai dari Rp8 ribu sampai Rp20 ribu. Disarankan memilih pelindung sepatu yang memiliki alur karet di bawahnya supaya tidak licin dan bisa digunakan saat berkendara.  

Pasang Anti Embun pada Kaca Helm

Saat berkendara motor di tengah guyuran hujan, otomatis kaca helm ditutup. Tetapi, hal itu bisa menimbulkan embun pada kaca sehingga membuat pandangan pengemudi terganggu. 

Embun timbul karena temperatur udara di dalam helm lebih panas ketimbang di luar.

Untuk mengatasi kaca helm berembun sebaiknya gunakan stiker anti embun.

Periksa Ban

Sebelum berkendara tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memeriksa kondisi ban motor. Pastikan kembangan ban masih tebal, sebaliknya jika terlihat mulai tipis atau botak sebaiknya langsung diganti.

Saat ini ada banyak merek dan ukuran ban motor yang bisa Anda pilih. Harganya bervariasi mulai dari Rp205 ribu hingga Rp668 ribu untuk ban ring 14.

Cek Kinerja Rem

Mengingat hujan bisa datang kapan saja, bagian vital seperti rem harus cek untuk mengetahui kondisi sebenarnya. 

Jika kampas rem sudah habis saatnya ganti. Harga kampas rem tidak terlalu mahal dan mudah ditemui di bengkel resmi atau umum.

Siapkan Lap Chamois dan Microfiber

Kedua barang ini begitu penting sekali ada di bagasi motor, karena saat hujan mulai reda bisa digunakan untuk mengelap kaca spion, visor helm, bodi motor dan lampu.

Harga untuk chamois dan microfiber cukup terjangkau. Dibanderol Rp26 ribu untuk Plas Chamois dan Lap microfiber premium hanya Rp8 ribu saja di toko online.




Berita Utama


Komentar