Perbedaan Mendasar All New Honda City Sedan dan City Hatchback RS

Berita Otomotif

Perbedaan Mendasar All New Honda City Sedan dan City Hatchback RS

JAKARTA - All New Honda City sedan baru saja meluncur di Indonesia, setelah sebelumnya didahului oleh kehadiran City Hatchback Road Sailing (RS) pada Maret 2021. Meski sama-sama menggunakan nama City, tapi target pasar yang diincar berbeda-beda.

All New Honda City sedan dan City Hatchback RS dibangun menggunakan platform yang sama, hanya saja bentuk eksterior dari kedua model tersebut berbeda. Jelas terlihat jika City sedan memiliki buntut dibelakangnya, sedangkan City Hatchback RS tidak. 

Tak cuma dari segi bentuknya saja, rupanya, antara All New Honda City sedan dan City Hatchback RS punya beragam perbedaan lain yang mudah sekali diketahui.

"Sebenarnya kalau dari fundamentalnya sendiri, secara mesin tidak ada perubahan signifikan antara Honda City sedan dan City Hatchback RS. Cuma yang paling mendasar yang membedakan hatchback dan sedan, tentunya kalau City Hatchback RS punya banyak fitur-fitur yang memberikan atau mengambarkan nuansa sporty," ungkap Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), baru-baru ini.

Ferdianto mencontohkan, di Honda City Hatchback RS ada Leather Door Lining with Red Stitches, Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats dan lainnya. 

"Jadi semua yang sifatnya emosional itu ada di hatchback. Dari tampilan eksteriornya juga sangat sporty dibandingkan dengan sedan," terang dia. 

Akan tetapi, lanjut Ferdianto apa yang dimiiki oleh sedan tidak ada di hatchback, satu yang paling utama, yaitu ruang kargo atau tempat penyimpanan barang yang cukup luas. "Karena di City sedan itu lebih lebar dan memiliiki fungsional dibandingkan dengan hatchback lebih mengarah ke emosional," tambahnya.

All New Honda City Sedan Tanpa Embel-embel 'RS'

Berbeda dari versi hatchback, All New Honda City Sedan lahir tanpa embel-embel RS di tubuhnya. Itu menandakan bahwa, City Sedan tidak lebih sporty ketimbang CIty hatchback RS.

Adapun alasan HPM, karena dari segi target pasar keduanya punya perbedaan.

"Mayoritas pembeli City sedan itu kebanyakan fleet sales (pembeli borongan), dan juga orang-orang yang bukan mencari kendaraan mobil sedan yang sporty, tapi lebih mencari elegan dan kenyamanan. Oleh karena itu City sedan yang baru saja kami luncurkan lebih mengedepankan kenyamanan, ruang kargo luas, dan safety," pungkas Ferdianto.

Seperti diketahui, All New Honda City sedan yang baru saja dirilis merupakan generasi ke lima dari City. Mobil ini hanya tersedia dalam satu tipe saja, dengan harga per unitnya Rp355 juta on the road Jakarta. 

HPM menawarkan 3 pilihan warna bodi untuk City sedan terbaru, yaitu Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic (tersedia mulai Maret 2022) dan Crystal Black Pearl.

Bagi konsumen yang ingin tampil beda, tersedia aksesori Modulo seperti Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear under Spoiler dan Door Visor. Aksesori tersebut bisa didapat di seluruh diler resmi mobil Honda. 

Setiap pembelian City sedan terbaru, konsumen akan mendapatkan gratis biaya jasa untuk perawatan berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun (mana yang tercapai lebih dulu). [Ses]




Berita Utama


Komentar