Pentingnya Periksa Kaki-kaki Mobil Sebelum Mudik

Berita Otomotif

Pentingnya Periksa Kaki-kaki Mobil Sebelum Mudik

JAKARTA – Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan hal yang biasa terjadi di Indonesia, khususnya pada saat libur Lebaran.

Adalah wajib hukumnya untuk memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini guna mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan seperti kerusakan hingga kecelakaan. Bagian kaki-kaki merupakan salah satu komponen dari kendaraan yang sangat vital.

Menjadi penting karena komponen seperti ban, rumah roda hingga suspensi memegang peranan penting dalam perjalanan. Beberapa perangkat kendaraan tersebut harus mendapatkan perhatian khusus sebelum melakukan mudik.

Salah satu langkah yang umum dilakukan oleh pengguna mobil sebelum mudik, adalah melakukan pengecekan kaki-kaki seperti spooring dan balancing. Hal ini penting guna memastikan komponen tersebut berfungsi sesuai aturan.

Baca juga : Menteri Perhubungan : Angka Kecelakaan Saat Musim Mudik Turun Drastis

Spooring dan balancing dilakukan untuk mengembalikan kinerja bagian kaki-kaki mobil kembali prima. Spooring tujuannya untuk meluruskan kembali ban mobil dan mencegah terjadinya aus pada sebelah sisi saja.

Mobil yang sudah lama tidak spooring akan mendapati alat kemudi berbelok sendiri, meskipun kendaraan tengah berjalan lurus. Tidak selarasnya arah dari kedua sisi ban inilah yang akan membuat roda habis tidak merata.

Sementara balancing berguna agar menyeimbangkan putaran keempat roda kendaraan. Mobil yang dinyatakan perlu untuk melakukan proses balancing, adalah alat kemudi bergetar cukup kencang ketika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Spooring sendiri berfungsi untuk mengembalikkan sudut ban baik toe maupun chamber. Sementara Balancing dilakukan guna membuat keseimbangan roda tetap terjaga. Prosesnya lebih dahulu balancing barulah spooring agar menyempurkan kembali sistem kaki-kaki.

Dengan melakukan kedua metode tersebut, maka perjalanan ke kampung halaman akan aman dan nyaman. Selain itu spooring dan balancing dapat mengurangi adanya kerusakan yang lebih parah, akibat salah satu komponen di bagian kaki-kaki tidak berjalan dengan benar.

Hunter Hawkeye Elite

PT Himawan Putra selaku distributor alat-alat pendukung bengkel mengenalkan salah satu produk terbarunya yakni Hunter Hawkeye Elite. Dengan alat tersebut, konsumen dapat melakukan pengecekan kaki-kaki dalam hitungan menit.

Hunter Hawkeye Elite memiliki teknologi unggulan yang sudah dipatenkan. Fitur tersebut dinamakan quick check, dimana mampu melakukan melihat kondisi kaki-kaki dari mobil secara singkat. Alat ini mengandalkan dua buah kamera beresolusi tinggi (20 mp) sehingga diyakini dapat meminimalisir kesalahan.

Selain itu Hunter juga mengandalkan teknologi Quick Grip Wheel Adaptor. Fitur tersebut memungkinkan teknisi melakukan pengecekan hingga copot-pasang ban, tanpa merusak kondisi rumah roda.

“Hunter Hawkeye Elite menawarkan solusi cepat melakukan pengecekan kaki-kaki mobil. Dengan alat ini, konsumen konsumen bisa melakukan pengecekan layaknya drive thru. Alat kami juga sudah digunakan bengkel resmi Honda,” ujar Nurcahyo Adi Prangggono, Manajer Training Hunter.

PT Himawan Putra selaku distributor resmi Hunter, menawarkan paket pengecekan kendaraan dengan mahar mulai dari Rp 200 jutaan. Sementara untuk mendapatkan paket Hunter lengkap beserta Quick Check dihargai Rp 400 jutaan. Sasaran utama konsumennya tentu bengkel-bengkel yang fokus pada penjualan ban dan perbaikan kaki-kaki.

Tidak hanya menawarkan produk-produk bermerek Hunter, PT Himawan Putra juga memasarkan brand seperti Corghi, Eurasia Lift, Josam, PCL, Furukawa dan masih banyak lagi. Beberapa produk tersebut telah menjadi alat andalan beberapa bengkel di Tanah Air. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar