Penting! Ini Tips Cegah Mobil Terbakar Saat Isi Bensin di SPBU

Panduan Pembeli

Penting! Ini Tips Cegah Mobil Terbakar Saat Isi Bensin di SPBU

JAKARTA – Ada hal – hal yang mesti diperhatikan untuk menghindari risiko mobil terbakar ketika mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pemberitaan-pemberitaan mengenai mobil terbakar ketika mengisi bensin di SPBU terkadang muncul. Jika ini terjadi, tentunya bukan hanya pengemudi dan penumpang di dalam mobil saja yang terancam keselamatan jiwanya tapi juga orang-orang di sekitar SPBU.


Mobil terbakar di SPBU, menurut keterangan resmi Auto2000 baru – baru ini, bisa terjadi karena beragam potensi bahaya. Potensi – potensi tersebut bisa diminimalisir dengan memperhatikan dan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Matikan Mesin Mobil Saat Isi BBM
    Ini adalah prosedur standar ketika mengisi BBM di SPBU. Akan tetapi, masih ada saja pengemudi kendaraan yang menyepelekannya dan tetap menghidupkan mesin. Padahal, mesin mobil menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin, terlebih bila ada masalah di sistem kelistrikan mobil seperti kabel busi bocor.
  2. Abaikan Dulu Smartphone
    Ada alasan, mengapa orang – orang di area SPBU tak boleh bermain smartphone. Uap bahan bakar, yang menjalar dari celah antara nozzle dan lubang tangki BBM, berpotensi menghadirkan percikan api ketika bertemu energi listrik dari sinyal ponsel.
  3. Perhatikan Nozzle dan Lubang Tangki BBM
    Pastikan nozzel pengisi bensin menyentuh mulut lubang tangki bensin untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut api. Pastikan pula operator SPBU tidak mengangkat nozzle jika masih ada bensin yang menetes dan menunggu hingga bensin benar-benar berhenti mengalir.
  4. Jaga Kondisi Mobil
    Kondisi mobil yang tidak baik juga bisa bisa menjadi faktor yang menyebabkan kebakaran mobil ketika isi BBM di SPBU. Misalnya saja ketika tetesan BBM mengenai kabel busi yang bocor.
    Oleh sebab itu, Auto2000 mewanti-wanti agar pemilik kendaraan selalu menuruti jadwal servis berkala sesuai buku panduan. Lakukan pula servis di bengkel resmi, agar semua perawatan dan perbaikan kendaraan sesuai dengan standar pabrikan.
  5. Jaga Jarak Aman
    Selalu jaga jarak aman ketika mengantre di SPBU. Jika terjadi sesuatu dengan mobil atau motor di depan Anda, masih ada cukup ruang untuk menghindar. [Xan/Ari]


Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar