Pertamina Pastikan BBM Premium Masih Tersedia di Jakarta

Berita Otomotif

Pertamina Pastikan BBM Premium Masih Tersedia di Jakarta

JAKARTA – Pertamina memastikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium hingga saat ini masih tersedia di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Jakarta.

Informasi tersebut diberikan bersamaan dengan pengumuman Program Langit Biru (PLB) di tiga wilayah administrasi Ibu Kota yaitu Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Tiga area ini menyusul Jakarta Pusat, Jakarta Utara, serta sejumlah kota wilayah Jawa – Madura – Bali.

Melalui promo PLB, harga BBM jenis Pertalite diturunkan hingga menjadi sama dengan Premium. Dengan demikian, banderol Pertalite di seluruh Jakarta pun turun Rp 1.200, dari Rp 7.650 menjadi Rp 6.450.

Di sisi lain, Badan Usaha Milik Negara (BUM) tersebut menegaskan bahwa Premium tetap disalurkan dan dijual di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, sampai Jakarta Timur. Penerapan PLB tidak berarti suplai dari BBM bersubsidi ini dihentikan.

“Berdasarkan penugasan dari Pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan Premium. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir,” ucap Eko Kristiawan Unit Manager Communication, Relation & CSR Marketing Operation Region III Pertamina dalam keterangan resmi pada Senin (23/11/2020).


Isu wacana penghapusan Premium memang santer terdengar lagi beberapa waktu belakangan. Menurut penelusuran Mobil123.com di beberapa laporan dari media arus utama, isu kali ini berawal dari keterangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengenai rencana menghilangkan Premium mulai 1 Januari 2021.

Saat ini sendiri hanya tinggal tujuh negara di dunia yang masih menyediakan BBM di bawah RON 90.  Negara – negara itu ialah Bangladesh, Colombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, dan Indonesia.

Kembali ke promo PLB, di Jakarta Barat maupun Jakarta Selatan masing – masing terdapat 24 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan 39 SPBU yang melayani Pertalite harga khusus mulai Sabtu (21/11/2020). Sementara itu, di Jakarta Timur terdapat 51 SPBU yang melakukannya mulai Minggu (22/11/2020).

“Konsumen dapat mengenali SPBU yang melayani promo tersebut, melalui spanduk yang terpasang pada totem SPBU. SPBU tersebut siaga melayani masyarakat yang ingin menikmati BBM berkualitas dan lebih ramah lingkungan,” lanjut Eko. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar