Pemilik Ferrari di Indonesia Doyan Ganti Mobil Tiap Dua Tahun

Berita Otomotif

Pemilik Ferrari di Indonesia Doyan Ganti Mobil Tiap Dua Tahun

JAKARTA – Para pemilik Ferrari di Indonesia ternyata senang mengganti mobil sport berlambang ‘kuda jingkrak’ mereka setiap dua tahun sekali.

Kebiasaan itu diketahui berkat keterangan Chief Executive Officer (CEO) Ferrari Jakarta Arie Christopher berdasarkan data yang dimiliki oleh divisi trade-in atau tukar-tambah mereka. Divisi ini dibentuk sebagai alternatif cara pembelian.

“Tukar-tambah ini kami lakukan dari dulu, tukar Ferrari lama dengan baru. Ferrari dengan Ferrari. Kami tidak menerima mobil premium lain,” jelas Arie menjawab pertanyaan Mobil123.com, belum lama ini di Jakarta.

Menurut Arie, umumnya model-model Ferrari yang ditukar-tambah belum lama dibeli. Usianya secara rerata ada di 2 – 2,5 tahun.

“Itu rata-rata lho, ya. Rata-ratanya di kami adalah 2 – 2,5 tahun. Ada konsumen yang menyimpan mobil Ferrari mereka dalam waktu lama, selamanya, tapi ada juga setahun sudah ganti,” paparnya.

Arie menjelaskan, divisi tukar-tambah Ferrari Jakarta sendiri berkontribusi 30 persen dari total transaksi jual-beli mereka dalam setahun. Adapun 70 persen sisanya masih membeli secara langsung, baik mobil yang benar-benar baru atau mobil bekas.

Ferrari menyebut mobil bekas mereka sebagai ‘pre-owned car’. Sumbernya sendiri, tak lain tak bukan adalah mobil-mobil Ferrari hasil tukar-tambah.

“Syarat agar Ferrari bisa ditukar-tambah simpel, yang penting semua surat-suratnya lengkap,” tandas Arie.

Ferrari Jakarta mulai hadir sebagai distributor resmi sejak 2001. Menurut data mereka, populasi Ferrari di Indonesia kini sudah kisaran 500 unit, baik yang membeli dari Ferrari Jakarta maupun tidak.

“Kalau kami ada dari 2001, tapi jauh sebelum itu sudah ada membeli lewat importir. Pada 1970 pun sudah ada Ferrari masuk. Saat kami memulai pada 2001 pun masih banyak juga yang memasukkan sendiri. Tapi, mereka lakukan tetap melakukan servis di tempat kami,” tukas Arie lagi.

Sebanyak 90 persen dari populasi Ferrari di Indonesia merupakan mobil yang usianya di bawah 20 tahun. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support