Pemerintah DKI Jakarta Ujicoba Jalur Sepeda

Berita Otomotif

Pemerintah DKI Jakarta Ujicoba Jalur Sepeda

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan Uji Coba Desain Jalur Sepeda di sejumlah ruas jalan Ibukota.

Ujicoba ini merupakan bagian dalam program ‘Jakarta Ramah Bersepeda’. Untuk Fase 1 yaitu dari Jalan Pemuda - Jl. Pramuka - Jl. Proklamasi - Jl. Pangeran Diponegoro - Jl. Imam Bonjol - Jl. M. H. Thamrin - Jl. Medan Merdeka Selatan

Ujicoba ini merupakan evaluasi desain untuk dapat membuat jalur sepeda permanen yang aman dan nyaman. Dengan demikian, masyarakat bisa beralih untuk menggunakan sepeda yang ramah lingkungan ketimbang kendaraan pribadi.

Jalur sepeda tersebut dipisahkan dengan pembatas cone. Selain itu, jalur sepeda juga diberikan warna hijau sehingga diharapkan bisa memudahkan pengguna jalan untuk mengenali jalur yang bisa digunakan.

Program ini sebenarnya bukanlah program yang sepenuhnya baru. Beberapa tahun lalu, jalur Banjir Kanal Timur merupakan jalur khusus pesepeda. Sayangnya, kondisi ketika itu masyarakat masih belum teredukasi dengan baik tentang pentingnya jalur pesepeda.

Akibatnya, banyak pengguna sepeda motor yang menyerobot jalur sepeda di BKT. Kondisi tersebut disebabkan kemacetan yang terjadi pada jalur utama sementara jalur sepeda relatif kosong. Pesepeda yang merasa jalurnya diserobot pun tidak tinggal diam dan akhirnya melakukan protes.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah DKI Jakarta pun memutuskan untuk memberlakukan aturan yang memperbolehkan pengguna sepeda motor melalu jalur khusus sepeda. Akibatnya hingga sekarang, masih terlihat jarang masyarakat yang mau menggunakan sepeda sebagai kendaraan utamanya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar