Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pembangunan Hampir Rampung, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Segera Beroperasi Penuh

Berita Otomotif

Pembangunan Hampir Rampung, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Segera Beroperasi Penuh

BALIKPAPAN - PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS), pengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, menargetkan pengoperasian dua seksi terakhir dalam waktu dekat.

Kedua seksi jalan tol tersebut adalah Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 Km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) 11,09 Km. Hal ini karena pembebasan lahan untuk Seksi 1 dan Seksi 5 telah mencapai 99,97% dan progres konstruksinya telah mencapai 99,93%.

“Saat ini, sisa pekerjaan berupa perbaikan penurunan badan jalan di Sta 2+600 Seksi 5, perbaikan tanah dasar panel 2 dan 3 Seksi  serta perkuatan timbunan abutment box traffic di Sta 22+050. Saat ini, kami terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah terkait percepatan penyelesaian Seksi 1 dan Seksi 5 karena berkaitan dengan pekerjaan konstruksi yang masuk dalam lingkup Pemerintah," jelas Direktur Utama PT JBS S.T.H Saragi.

Nantinya, dengan rampungnya dua seksi terakhir yang merupakan porsi dukungan konstruksi Pemerintah pada Jalan Tol Balikpapan-Samarinda ini, maka akan melengkapi tiga seksi yang telah beroperasi sebelumnya pada Desember 2019 lalu sehingga jalan tol ini beroperasi penuh.

Tol Balikpapan
“Kami optimis menargetkan pengoperasian kedua seksi terakhir ini pada pertengahan tahun 2021. Untuk Seksi 1, ditargetkan pada akhir triwulan 2 2021, sementara Seksi 5 pada awal triwulan 3 2021,” tambahnya.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga dilengkapi dengan dua rest area tipe A yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business. Saat ini kedua rest area yang terletak di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda tersebut telah selesai dibangun.

“Saat ini, telah terbangun masjid dan toilet di rest area kedua arah yang dapat digunakan pengguna jalan. Secara bertahap, kedua rest area ini akan terus dikembangkan. Hal ini karena sesuai dengan rencananya, kedua rest area adalah tipe A di mana akan tersedia Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU),” tutup Saragi.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Balikpapan Samarinda memiliki total panjang 97,99 Km yang dibagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi 5 ruas Sepinggan (11,09 Km)-Balikpapan (Km 13), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 Km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi 3 Muara Jawa-Palaran (17,30 Km), dan Seksi 4 Palaran-Samarinda (16,59 Km). [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang