Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Masih Dikebut

Berita Otomotif

Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Masih Dikebut

PROBOLINGGO - PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) pengelola dari Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi mempercepat proses pembebasan lahan untuk seksi 1 Ruas Probolinggo-Besuki (29,6 Km).

Berdasarkan keterangan resmi, saat ini pembebasan lahan sudah mencapai 24,88% dari yang diharapkan. Ditargetkan pembebasan tanah untuk seksi 1 dapat segera selesai di akhir tahun 2021 dan pengerjaan kontruksi dapat dimulai pada tahun 2022.

“Jika semuanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka target penyelesaian konstruksi untuk seksi 1 dapat rampung pada tahun 2024. Saat ini fokus PT JPB adalah mendukung Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Lahan untuk mempercepat proses pembebasan lahan untuk seksi 1 Probolinggo – Besuki,” jelas Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyanto.

Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Masih Dikebut

Untuk mempercepat proses, PT JPB bersama PPK mengusulkan alokasi pengadaan pendanaan tanah  di tahun 2021. Mereka nantinya akan berkoordinasi dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Namun tentu saja kami juga terus melakukan monitoring untuk Seksi 2 Besuki-Bajulmati (Kab. Situbondo) sepanjang 110,9 Km serta seksi 3 Bajulmati-Ketapang (Kabupaten Banyuwangi) sepanjang 31 Km yang proses pembebasan lahannya juga terus dilakukan,” tutup Adi.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan total panjang 171,516 Km ini akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans Jawa dengan masa konsesi 35 tahun dan total investasi mencapai Rp23,3 triliun.

Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi Masih Dikebut

Jika sudah terbangun nanti, maka ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa akan terhubung dengan jalan tol. Tentunya diharapkan dengan adanya jalan tol tersebut akan mempermudah mobilitas orang, barang dan jasa.

Pemerintah sendiri pun sebenarnya berharap bahwa pembangunan jalan tol ini bisa rampung pada tahun 2025 mendatang. Meski demikian hingga kini pembangunan memang tersendat karena pembebasan lahan yang belum juga usai.

Selain melakukan pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi, Pemerintah juga masih membangun jalan tol Trans Sumatera yang diharapkan bisa selesai tahun 2024 mendatang. Pembangunan jalan tol tersebut masih terus dilakukan meski sempat terdampak dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar