Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Dekat Ibu Kota Baru

Berita Otomotif

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan Dekat Ibu Kota Baru

JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan tol pertama di Kalimantan yang lokasinya masih satu provinsi dengan calon Ibu Kota baru.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, pada Selasa (17/12/2019) meresmikan Tol Balikpapan – Samarinda Seksi II, III, IV. Seremoni berlangsung di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, di Kalimantan Timur juga terdapat calon Ibu Kota baru Indonesia yaitu Penajam Paser Utara. Daerah itu akan menggantikan Jakarta sebagai pusat pemerintahan negeri ini mulai 2024.

Saat meresmikan, Jokowi menjelaskan bahwa Tol Balikpapan – Samarinda nantinya terdiri dari lima seksi dengan panjang 99,3 km. Tiga seksi yang telah rampung terbentang sejauh 58,7 km di antaranya.

Seksi I dan V masih dalam pengerjaan. Tak sampai enam bulan, sisa ruas tol itu diekspektasikan sudah beroperasi pula.

“Tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga ini akan diselesaikan nanti insya Allah paling lambat April 2020,” kata Jokowi, seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet.

Ia berharap Tol Balikpapan – Samarinda dapat meningkatkan kecepatan serta efisiensi dalam mobilitas orang maupun barang. Pasalnya, pemangkasan waktu berkat infrastruktur ini cukup signifikan.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda ke Balikpapan itu memakan waktu masing-masing tiga jam atau kurang-lebih enam jam PP (pulang-pergi), bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau sampai satu jam seperempat (sekitar dua jam untuk PP). Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” terang Jokowi.

Akses Ibu Kota Baru
Dengan begitu, tambah dia, jalan tol ini akan memperlancar konektivitas antara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis. Mantan Gubernur Jakarta ini berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi, seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Dengan adanya jalan tol itu, Presiden Jokowi meyakini akan mempercepat akses masuk ke ke kawasan Ibu Kota yang sudah diputuskan. Tinggal menyempurnakan infrastruktur tambahan.

“Saya minta agar juga pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru juga sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota yang kita harapkan menjadi nilai plus, karena dengan adanya jalan tol ini tersambung dua bandara yang berada di Samarinda, Airport Pranoto dan Bandara Sepinggan di Balikpapan,” tutur Jokowi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar