Indonesia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur ke Jepang

Berita Otomotif

Indonesia Tawarkan Pembangunan Infrastruktur ke Jepang

JAKARTA – Indonesia mempromosikan peluang investasi dalam bidang transportasi di Indonesia dalam pertemuan ke-15 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference, Kyoto, Jepang.

Dalam acara ini, Indonesia diwakili oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan, Cris Kuntadi sebagai STOM Leader Indonesia sekaligus memimpin delegasi Indonesia juga menyampaikan ketertarikan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kerja sama antara ASEAN-Jepang.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata berharap melalui paparan yang disampaikan, diharapkan pihak Pemerintah dan stakeholder lainnya dari Jepang akan tertarik untuk berkontribusi pada pembangunan transportasi di Indonesia.

 “Pertemuan tersebut merupakan pertemuan tingkat pejabat tinggi (Eselon 1) yang secara reguler diselenggarakan setiap tahun di Jepang untuk membahas kerjasama transportasi antara ASEAN dengan Jepang,” jelas Barata.

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan antara lain perkembangan dari program kerja sama ASEAN-Jepang di bawah kerangka kerja sama ASEAN-Japan Transport Plan (AJTP) untuk periode 2016-2017. Pembahasan meliputi bidang fasilitasi transportasi, infrastruktur transportasi, transportasi yang berkuaitas dan berkelanjutan, serta pengembangan Sumber Daya Manusia. Selain itu, dibahas pula perkembangan dari konsultasi mengenai ASEAN-Japan Air Service Agreement dan perkembangan 25 program kerjasama transportasi ASEAN-Jepang di bawah Pakse Action Plan.

Pada pertemuan ini pula, pihak Jepang mengusulkan beberapa inisiatif baru, antara lain Guidelines for Port Disaster Management, Best Approaches Book on User-friendliness in the Transport Sector, ASEAN-Japan Cold Chain Logistics Project, Guideline for Maintenance of Navigation Channels in ASEAN Regions, Guidelines for Safety Measures with Ships’ Routeing untuk dapat disertakan pada kerja sama ASEAN-Japan dan diterima untuk disahkan pada pertemuan ke-15 ASEAN-Japan STOM yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 di Singapura.

Pertemuan tersebut dipimpin oleh STOM Leader Jepang, Mr. Koichiro Kakee, bersama dengan STOM Leader Singapura, Mr. Pang King Keong sebagai Ketua ASEAN serta dihadiri oleh seluruh STOM Leaders 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

Sementara itu, saat ini Pemerintah memang terus mempercepat pembangunan infrastruktur di seluruh daerah. Beberapa waktu lalu misalnya, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua untuk melihat langsung pembangunan Trans Papua yang saat ini masih terus dikerjaan.

Sedangkan di pulau Jawa sendiri, pembangunan juga terus dilakukan seperti pembangunan jalan tol Trans Jawa, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan pembangunan LRT untuk di Jakarta.

Pembangunan tersebut tidak hanya mengajak investor lokal namun juga investor dari luar negeri termasuk dari China. Dengan ditawarkannya pembangunan infrastruktur ke Jepang maka tidak menutup kemungkinan pembangunan dapat lebih dipercepat. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support