Pekan Depan, Ganjil-Genap Jakarta Bisa Berlaku Lagi di 25 Ruas Jalan

Berita Otomotif

Pekan Depan, Ganjil-Genap Jakarta Bisa Berlaku Lagi di 25 Ruas Jalan

JAKARTA – Aturan ganjil-genap Ibu Kota bisa diberlakukan secara penuh lagi, seperti pada masa sebelum pandemi Covid-19.

Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, seperti dikutip dari situs NTMC Polri, mengakui peluang pemberlakuan ganjil-genap di 25 ruas jalan. Saat ini, regulasi pembatasan jumlah kendaraan tersebut baru diberlakukan di sebagian di antaranya.

Menurut Kasubditgakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, isu ini terkait dengan perkembangan kondisi kemacetan di Jakarta, setelah gelombang kedua Covid-19 pada semester dua 2021 sudah surut dan pembatasan mobilitas secara berangsur dilonggarkan kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Memang, sesuai dengan Pergub (Peraturan Gubernur), yang kita lakukan ganjil-genap itu (seharusnya) adalah 25 ruas,” kata dia.

ganjil genap Jakarta

Untuk diketahui, aturan ganjil-genap Jakarta dilaksanakan dengan merujuk pada Pergub Nomor 88 Tahun 2019.

“Mungkin ke depan kita lihat bagaimana kemacetan atau indeks kepadatan yang ada. Kita bisa juga mengembalikannya menjadi 25 ruas.” Lanjut Argo.

Sekadar mengingatkan, sekarang ganjil-genap hanya berlaku di 13 ruas jalan. Ini adalah kebijakan ketika Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 turun ke Level 2 beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, per awal November 2021, pemerintah pusat bersama-sama dengan pemerintah daerah menurunkannya lagi ke Level 1.

macet, ganjil genap Jakarta mungkin diberlakukan penuh pada November 2021

Lebih lanjut, Argo menerangkan kalau salah satu indikator yang akan mereka lihat adalah angka indeks kemacetan lalu lintas. Kalau nantinya mencapai 40 persen, wacana ganjil-genap penuh di 25 ruas jalan pun semakin kuat.

Mereka akan melihat perkembangan situasi lalu lintas hingga 8 November 2021.

“Mungkin, Senin (depan) kami lihat. Selama minggu ini kalau kami lihat indeks mobilitas meningkat pesat, mungkin minggu depan kami bisa melakukan normalisasi kembali,” tandasnya.

Pengambilan keputusan akan dilakukan dengan berdiskusi terlebih dahulu bersama pihak-pihak terkait.

“Itu nantinya tidak serta-merta. Kami akan kolaborasi bersama dengan rekan-rekan dari Dishub, bagaimana situasi setelah tanggal 2 November kemarin DKI sudah dinyatakan ke level 1,” tutup Argo.

Kalau Mobilovers sendiri setuju atau tidak dengan pemberlakukan ganjil-genap secara penuh di kondisi sekarang? [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar