Pandemi Corona Bikin Daihatsu dan MG Ikut Luncurkan Mobil Secara Virtual

Berita Otomotif

Pandemi Corona Bikin Daihatsu dan MG Ikut Luncurkan Mobil Secara Virtual

JAKARTA – Daihatsu dan Morris Garage (MG) menjadi merek otomotif selanjutnya yang melakukan peluncuran mobil secara virtual di Indonesia, saat pandemi virus Corona masih mengancam.

Sekadar mengingatkan, pandemi virus Corona yang berawal di Wuhan, China pada penghujung 2019 akhirnya mewabah juga di Indonesia. Virus yang telah hadir di lebih dari 100 negara itu menurut laporan per Rabu (18/3/2020) siang saat berita dinaikkan sudah menginfeksi 172 orang, sembilan di antaranya sembuh sedangkan tujuh meninggal dunia.

BMW menjadi yang paling pertama di Indonesia melakukan peluncuran mobil secara virtual untuk sedan Rp 1,5 miliar mereka beberapa waktu lalu. Toyota menjadi merek kedua yang mengumumkan peluncuran virtual, yaitu untuk Agya facelift pada Kamis (19/3/2020) besok.

Daihatsu, melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, ikut mengatakan bakal mengubah cara peluncuran Ayla facelift plus Sirion facelift menjadi via YouTube. Ini dilakukan dengan menimbang tiga kondisi.

Pertama adalah status Covid-19 (nama resmi virus Corona) yang telah menjadi pandemi global dan perkembangannya makin meluas di Tanah Air, juga keputusan pemerintah bahwa pandemic Covid-19 adalah bencana nonalam. Terakhir ialah arahan kementerian plus pemerintah daerah terkait larangan mengadakan perjalan ke luar kota dan menghadiri acara yang melibatkan banyak orang.

“Maka, selaku penyelenggara acara, Daihatsu mengambil langkah sesuai kebijakan pemerintah dengan melangsungkan acara peluncuran Ayla dan Sirion dalam bentuk digital launching pada Kamis 19 Maret 2020,” tulis merek asal Jepang ini.

Sebelumnya, peluncuran Ayla facelift akan digelar dalam bentuk konferensi pers konvensional di sebuah mal di Bekasi pada hari tersebut. Setelah wabah virus Corona makin mengkhawatirkan, pengumuman pertama Daihatsu adalah membatalkan konferensi pers lalu membuat review mobil tertutup dan terjadwal dengan media massa dengan masa tayang Kamis besok.

Pada saat itu tidak ada informasi mengenai peluncuran Sirion facelift. Terkini, mereka mengabarkan perkenalan kedua model ini digabungkan pada hari tersebut.

MG menjadi merek keempat yang mengumumkan membatalkan peluncuran konvensional untuk model perdana mereka di Indonesia, ZS, pada Kamis besok dan mengambil jalur virtual. Akan tetapi, belum disebutkan kapan peluncuran virtual ini bakal mereka gelar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar