Pameran Otomotif GIIAS Surabaya 2020 Ditunda Karena Virus Corona

Berita Otomotif

Pameran Otomotif GIIAS Surabaya 2020 Ditunda Karena Virus Corona

JAKARTA – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 edisi Surabaya resmi ditunda karena virus Corona. Ini menjadi pameran otomotif pertama di Tanah Air yang terdampak oleh pandemi global tersebut.

GIIAS merupakan pameran otomotif yang disokong langsung oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), asosiasi resmi yang menaungi merek-merek mobil global di Tanah Air. Pameran itu tiap tahun selalu diadakan di beberapa kota—salah satunya Surabaya—dan yang terbesar adalah GIIAS di Serpong, Tangerang.

Tahun ini GIIAS Surabaya dijadwalkan terjadi pada 20 – 29 Maret di Grand City Convex. Akan tetapi, Gaikindo mengumumkan penundaan.

“Selaku penyelenggara pameran, Gaikindo dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020. Penyelengggaraan GIIAS 2020 akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis asosiasi tersebut melalui keterangan resmi pada Senin (16/3/2020).

Ada lima alasan mundurnya jadwal GIIAS di ‘Kota Pahlawan’ yang Gaikindo sebut dalam pernyataan pers. Pertama, status Covic-19 telah menjadi pandemic global dan perkembangannya semakin meluas di Tanah Air.

Kedua, pemerintah telah mengeluarkan keputusan Covid-19 adalah bencana non-alam. Ketiga, ada kementerian-kementerian terkait melarang untuk mengadakan perjalanan keluar kota dan menghindari acara melibatkan banyak orang.

Keempat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun telah meliburkan kegiatan sekolah. Kelima, GIIAS Surabaya 2020 direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan ini, yang belum dapat diprediksi perkembangan status Covid-19.

“Keputusan ini diambil, berdasarkan pertimbangan matang Gaikindo sebagai bentuk upaya dan langkah konkret untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19 yang merupakan bagian dari force majeure nasional. Saat ini, Gaikindo berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum,” jelas mereka.

Sekadar mengingatkan, virus Corona berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019 dan telah menyebar ke ratusan negara di seluruh dunia. Indonesia diketahui ikut terkena setelah pada 2 Maret Presiden Joko Widodo mengumumkannya.

Per Minggu (15/3/2020), di negeri ini sudah ada 117 kasus terinfeksi virus Corona. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar