Pertamina Pasok 4.000 Liter Solar ke Palu dan Donggala

Berita Otomotif

Pertamina Pasok 4.000 Liter Solar ke Palu dan Donggala

MAKASSAR – Pertamina mengirimkan ribuan liter solar ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah dengan menggunakan pesawat khusus demi menyokong kebutuhan para pengungsi pascagempa besar dan tsunami di kedua wilayah.

Pengiriman solar dilakukan dengan menggunakan pesawat Air Tractor dari Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara. Pesawat tipe AT 802 tersebut memboyong hingga 4.000 liter solar demi menyokong bantuan operasional pemulihan di Palu serta Donggala.

Pesawat Air Tractor dioperasikan oleh PT. Pelita Air Service dan berangkat pagi ini pkl.06.45 WITA dari Tarakan dengan pilot Captain Benjamin. Estimasi kedatangannya di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu adalah pkl.09.05 WITA.

Seperti diketahui, pada Jumat (28/9/2018), Palu dan Donggala dilanda rentetan gempa dengan kekuatan terbesar mencapai lebih dari 7 skala richter. Tak berselang lama, tsunami berganti menerjang kedua daerah tersebut dengan perkiraan ketinggian 2-6 meter.

Berdasarkan data per Minggu (30/9/2018) siang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban jiwa secara total mencapai 832 orang. Listrik maupun jaringan komunikasi juga padam akibat bencana alam. Disebutkan bahwa bantuan paling dibutuhkan oleh para pengungsi adalah selimut, tenda, makanan, minuman, obat-obatan, serta BBM.

Robby Hervindo, Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region VII Pertamina, menjelaskan pesawat Air Tractor dalam kondisi normal digunakan Pertamina untuk mendistribusikan BBM ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) khususnya Krayan, Nunukan Kaltara dan Puncak Jaya, Papua, dalam rangka program BBM Satu Harga.

"Stok solar tersebut dikirim sebagai bentuk aksi tanggap darurat Pertamina dalam upaya memaksimalkan pendistribusian BBM di Palu dan Donggala pasca gempa dan tsunami," jelas Robby. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar