Volvo Trucks Bisa ‘Minum’ Solar Biasa Tapi Ada Syaratnya

Berita Otomotif

Volvo Trucks Bisa ‘Minum’ Solar Biasa Tapi Ada Syaratnya

JAKARTA – Volvo Trucks Indonesia mengatakan produk-produknya yang diimpor langsung dari Swedia mampu ‘meminum’ bahan bakar solar B20 (Biodiesel). Namun ada syarat yang harus dipatuhi.

Seperti diketahui Pemerintah mencanangkan bahwa semua kendaraan berbahan bakar diesel di Tanah Air, harus meminum solar B20 yang terdiri dari 20 persen kelapa sawit dan 80 persen solar murni.

Armein Effendy, Marketing and Logistic Dept Head PT Wahana Inti Selaras, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Volvo Trucks Indonesia, mengatakan pihaknya siap mengikuti aturan pemerintah mengenai ketentuan penggunaan bahan bakar B20 tersebut.

“Kami siap jika memang aturan dari pemerintah seperti itu. Bahan bakar B20 itukan terbuat dari campuran minyak kelapa sawit yang terbarukan. Tentunya ini dapat membantu upaya penghijauan lingkungan lebih baik lagi,” cetus Armein pada acara Volvo Trucks Driver Challenge 2018 di Sentul, Bogor, Jawa Barat (24/07/2018).

Ia mengatakan bahwa selama ini produk-produk Volvo Trucks yang diimpor langsung dari Swedia, menggunakan standar emisi Euro 3. Artinya setiap truk Volvo harus menggunakan bahan bakar Pertamina Dex.

Namun demikian produk-produk tersebut seperti diungkapkan Bambang Prijono selaku CEO PT Wahana Inti Selaras, masih bisa menggunakan bahan bakar B20. Namun ada syarat mutlak yang menyertainya yakni kendaraan harus mendapatkan perawatan lebih sering dari biasanya.

“Meski belum mencoba, namun produk kami bisa menggunakan solar B20. Namun yang pasti jadwal perawatan rutin kendaraan harus dilakukan lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini guna mencegah terjadinya kerusakan komponen,” ucapnya di tempat yang sama.

Volvo Trucks Indonesia memasarkan tiga jenis kendaraan yakni FH, FM dan FMX. Dikatakan bahwa untuk penggunaan di jalanan perkotaan memerlukan perawatan rutin setiap 200 ribu kilometer. Dengan menggunakan Biodiesel, kendaraan tersebut harus di service setiap 100 ribu kilometer.

Untuk penggunaan di kawasan tambang, jadwal perawatan truk Volvo diukur berdasarkan waktu pemakaian. Dengan menggunakan bahan bakar solar B20, unit harus masuk bengkel setiap 250 jam. Hal ini lebih cepat 250 jam dari sebelumnya atau dalam kondisi normal 500 jam. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar