Pertamina Kembangkan BBM Baru Pengganti Solar

Berita Otomotif

Pertamina Kembangkan BBM Baru Pengganti Solar

JAKARTA – Tingginya konsumsi BBM membuat PT Pertamina mencoba untuk menciptakan bahan bakar baru yang ramah lingkungan. Hal ini ditunjukkan oleh Research and Development PT Pertamina (Persero), di manatengah mengembangkan beberapa jenis bahan bakar alternatif yang diharapkan mampu mengurangi konsumsi BBM berbasis fosil.

Vice President Research and Development Direktorat Pengolahan Pertamina Eko Wahyu Laksmono mengatakan saat ini Pertamina mengembangkan tiga jenis bahan bakar alternatif sebagai pengganti Solar. Ketiga jenis bahan bakar tersebut yaitu Bio-Diesel Euro 5,  Algae to Oil, dan Diesel Emulsion.

"Untuk mengurangi konsumsi BBM, khususnya Solar kami sedang melakukan pengembangan bahan bakar alternatif. Dari tiga jenis yang kami teliti, dua di antaranya berbasis energi baru dan terbarukan yang potensinya di Indonesia sangat besar untuk dikembangkan," kata Eko.

Bio-Diesel yang memenuhi standard Euro 5 diperoleh dari proses kimiawi dengan bahan baku 100% palm oil dengan katalis Hydrotreated Bio-Diesel yang dihasilkan oleh tim R&D Pertamina. Proses uji coba co-processing palm oil telah dilakukan di Kilang Dumai pada 2014.

Untuk algae to oil Eko mengatakan Indonesia yang negaranya berada di iklim tropis sangat cocok apabila ingin mengembangkan lebih serius Bio-Diesel berbasis algae. Algae, katanya, dapat diproses menjadi Bio-Diesel dengan standard Euro 4- Euro 5.    

Sementara itu, Diesel Emulsion dihasilkan dari komposisi Diesel, air, dan surfaktan. Ketepatan formula dan pilihan surfaktan menjadi kunci dari terbentuknya emulsi yang sempurna antara Diesel dan air. "Diesel Emulsion ini telah kami uji coba pada kendaraan roda 4 dengan hasil yang cukup memuaskan," pungkasnya.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual