New Honda City, Asik Dikendarai di Daerah Perkotaan

Test Drive
Adi Hidayat April 21, 2017 13:30

TANGERANG – Pada Maret lalu, PT Honda Prospect Motor, APM Honda di Indonesia resmi meluncurkan new Honda City. Beberapa ubahan dilakukan oleh Honda pada sedan ini.

Guna membuktikan keunggulan mobil ini, Honda mengajak sejumlah wartawan otomotif untuk mencoba secara langsung perfoma dari City terbaru. Pengujian ini dilakukan di kawasan Alam Sutera, Tangerang kemarin.

Sebagai pengingat, Honda tidak melakukan banyak improvement pada City, mereka hanya melakukan ubahan sederhana pada eksterior seperti desain grill serta penambahan LED DRL. Sementara untuk mesin, mereka masih mempercayakan mesin lama mereka yaitu 1.5L SOHC i-VTEC. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 118 Hp dan torsi 145 Nm.

Masuk ke dalam kabin, sepintas desain interiornya masih seistimewa sebelumnya. Fitur-fitur seperti tilt steering, masih tersedia sampai Econ button yang menjadi andalan Honda di kelas medium sedan.

Saat duduk sebagai "pilot", Mobil123.com terbilang mudah untuk mengatur maju-mundur posisi jok dengan menggunakan tuas yang ada di bawah kursi. Tidak hanya itu, kursi bisa diatur pula ketinggiannya dengan mengandalkan tuas di samping kursi.

Mobil123.com sangat menikmati kenyamanan kabin penumpangnya, seolah tidak ingin beranjak pergi keluar dari interior sedan produksi Negeri Gajah Putih satu ini.
Interior new Honda City sepertinya sudah disesuaikan untuk pelanggan di ASEAN. Wajar kami pun tidak mengalami kesulitan untuk menggapai tombol-tombol yang terintegrasi sempurna di dashboard.

Pedal gas pun dipijak, new Honda City transmisi CVT melaju perlahan-lahan. Setelah bergerak cukup jauh, kesenyapan kabin yang kami rasakan terbilang cukup baik. Ini menandakan sistem kedap suara mobil sedan itu bekerja cukup baik.

Paling kami sukai adalah kelincahan City dalam melakukan beberapa manuver kecil di tengah kepadatan jalan. Dimesinnya yang kompak memudahkan kami untuk melakukan overtaking di ruang sempit sekalipun. Kemampuan ini jelas sudah tidak diragukan lagi, karena memang City didesain hidup di perkotaan dengan tingkat kemacetan seperti Ibu Kota Jakarta.

Lebih dari itu, kemampuan City di tikungan kami akui sangat baik. Mobil tidak terasa limbung saat melahap tikungan pada kecepatan 80 km/jam. Kondisi ini juga tentunya tidak terlepas dari kombinasi Motion-Adaptive Electronic Power Steering dan Vehicle Stability Assist (VSA) yang telah disematkan pada mobil berhasil membuat mobil menjadi mudah dikendalikan.

Berkendara dengan new Honda City CVT bertambah nikmat ketika tersedia peranti paddle shift. Teknologi ini memungkinkan mesin semakin mengerti keinginan pengemudi.

Dengan alat tersebut, menyalip kendaraan di depan kian mudah dilakukan. Yang kami rasakan mobil sangat asik diajak di lintasan perkotaan bahkan sangat responsif ketika bergerak mulai 0-120 km/jam di lintasan lurus.

Tak kalah menarik mobil dengan spesifikasi seperti ini nyaman untuk perjalanan jauh. Honda sepertinya sudah memikirkan kebutuhan pelanggan di Indonesia akan sebuah mobil mumpuni di perkotaan dan luar kota.

Di Indonesia, harga new Honda City dijual dengan harga Rp 312 juta untuk tipe E manual dan Rp 322 juta untuk tipe E CVT. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Penulis Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.

Komentar
Cari berita

Daftar langganan newsletter

Riset Mobil Terbaru