Bus Listrik Otonom Bisa Dinikmati Pengunjung Asian Games 2018

Berita Otomotif

Bus Listrik Otonom Bisa Dinikmati Pengunjung Asian Games 2018

JAKARTA - Telkomsel memberikan edukasi tentang perkembangan teknologi 5G kepada pengunjung ASEAN Games 2018 salah satunya melalui bus listrik otonom Navya Autonom Shuttle.

Telkomsel turut memeriahkan gelaran ASEAN Games 2018 dengan menghadirkan ‘Telkomsel 5G Experience Center’. Salah satu provider jaringan terbesar di Indonesia ini menghadirkan berbagai teknologi masa depan.

Salah satu teknologi masa depan yang dibawa yaitu Navya Autonom Shuttle. Bus listrik ini secara langsung diboyong Telkomsel dan ST Engineering dari negara asalnya yakni Prancis.

Bus bertenaga listrik ini menggunakan baterai LiFeP04 yang memiliki tenaga 33 kWh. Navya Autonom Shuttle mampu bergerak secara otomatis selama 9 jam dan membutuhkan waktu 4 jam untuk pengisian ulang daya dengan fitur fast charging.

Jika tidak menggunakan fitur fast charging, bus listrik ini membutuhkan waktu pengisian 8-9 jam. Bis listrik ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 25 km/jam.

Bus ini mampu menampung hingga 12 orang penumpang dengan komposisi 8 penumpang duduk dan 4 penumpang berdiri. Bus tanpa pengemudi ini memiliki dimensi yang cukup compact yakni panjang 4.750 mm, lebar 2.110 mm dan tinggi 2.650 mm.

Untuk sistem pengoperasiannya, bus listrik ini ditunjang oleh teknologi 5G milik Telkomsel. Teknologi tersebut mampu memudahkan bus listrik otonom dalam proses mapping dan kinerja sensor pada kendaraan.

Interior Navya Autonom Shuttle

“Kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno,” tutur Indra Mardiatna, Vice President Technology & System Telkomsel.

Pengunjung ASEAN Games 2018 dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi selama 15 menit yang beroperasi di sekitar booth ‘Telkomsel 5G Experience Center’ di Gate 2 Gelora Bung Karno. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bus listrik otonom terlebih dahulu mendaftar via aplikasi Telkomsel Asian Games ( tsel.me/TAG ), MyTelkomsel, Roli dan Langit Musik. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar