Motor Terbang Ini Dijual Rp9 M, Pengiriman Tahun Depan & Unit Terbatas

Berita Otomotif

Motor Terbang Ini Dijual Rp9 M, Pengiriman Tahun Depan & Unit Terbatas

TOKYO – Motor terbang sebentar lagi bukan hanya imajinasi di film-film fiksi ilmiah, karena yang sungguhan segera bisa Anda lihat. Untuk memilikinya, Anda perlu uang lebih dari Rp9 miliar.

A.L.I Technologies memperkenalkan motor terbang bernama Xturismo baru-baru ini di sebuah trek balap di kaki Gunung Fuji. Startup yang bermarkas di Tokyo itu malahan juga memperlihatkan kendaraan tersebut melayang dan melaju selama satu setengah menit.

Xturismo dipastikan hanya bisa dibeli oleh para ‘sultan’. Ini karena harga jualnya 77,7 juta yen atau sekitar Rp9,6 miliar (1 yen=Rp124,59).

“Kami ingin mengajukan gaya hidup baru melalui kendaraan terbang ini,” kata CEO A.L.I Technologies Daisuke Katano, seperti dikutip dari Nikkei Asian Review.

motor terbang Xturismo

Siap-siap inden lama, jika Anda memesannya. Pengiriman kepada para pembeli dijadwalkan pada semester pertama 2022 dan motor terbang keren ini dibuat terbatas sebanyak 200 unit saja.

Bicara teknis, Xturismo mempunyai kecepatan maksimal 100 km per jam. Kendaraan berbobot 300 kg ini dapat melaju secara konstan di kecepatan tertinggi selama 40 menit dan kapasitasnya sementara baru bisa satu orang—hanya sang pengendara.

Dapur pacunya sebagian besar mengandalkan mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE). Kemampuan terbang dan mengambangnya sendiri berasal dari dua baling-baling utama, dari total enam baling-baling yang tersedia.

Altitude Control Technology yang digunakan oleh Xturismo sama persis dengan yang ada pada produk-produk drone kreasi A.L.I Technologies.

motor terbang Xturismo

Fungsi dari kendaraan futuristik ini bermacam-macam. Selain untuk pariwisata dan ‘bersenang-senang’, bisa pula untuk kegiatan penyelamatan orang dari atas air atau di daerah-daerah bencana.

Meski perusahaan baru, A.L.I Technologies disokong oleh dua nama besar di Jepang, Kyocera serta Mitsui Sumitomo Insurance Venture Capital. Mereka kini sedang bersama dengan JetPack Aviation asal Amerika Serikat untuk memasarkan motor terbang.

Sang kompetitor dari ‘Negeri Paman Sam’ sudah sukses mengadakan uji terbang prototipe motor terbang mereka yang bernama Speeder. Peluncuran dijadwalkan berlangsung pada 2023 dan untuk pre-order, kalangan berduit mesti memberikan deposit 380 ribu dollar AS (Rp5,41 miliar, 1 dollar AS=Rp14.251,75).

Startup asal Prancis bernama Lazareth juga sedang mengembangkan motor terbang. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar