Mobil Kepresidenan AS Bakal Diganti

Berita Otomotif

Mobil Kepresidenan AS Bakal Diganti

WASHINGTON - Karena Indonesia belum bisa membuat mobil sendiri, maka sebagai kendaraan kepresidenan, Sekertariat Negara mempercayakannya kepada Mercedes-Benz S-Class. Berbeda dengan Amerika Serikat yang industri otomotifnya lebih mapan dalam segala hal.

Secret Service, pasukan pengamanan presiden AS baru-baru ini membuka tender hanya kepada perusahaan otomotif utama Amerika Serikat untuk mengajukan calon pengganti Cadillac 'The Beast' yang sudah lima tahun belakangan ini digunakan oleh Presiden Barrack Obama. Mobil ini memang dapat diandalkan berkat sistem pengamanannya yang lebih canggih dari tank (tanpa dilengkapi meriam dan peluru tentunya). Namun hal tersebut membuat the beast terlalu berat dan mulai dirasa kurang lincah. Selain itu, teknologinya sudah mulai menua. 

Proses tender yang dihembuskan sejak tahun lalu memiliki empat tahap yaitu perancangan dan pengembangan sistem perlindungan, pengintegrasian sistem tersebut di mobil, validasi dan uji lapangan, dan terakhir adalah masa produksi. 

Chrysler telah mengkonfirmasi bahwa mereka tengah menyiapkan proposal untuk sarana transportasi darat kepresidenan ini. General Motors, yang berpengalaman dengan Cadillac tentu saja tidak mau ketinggalan. Ford dikabarkan juga akan maju dengan mengusung merk Lincoln. Perusahaan pembuat mobil lainnya seperti Tesla, yang sekarang tengah menanjak reputasinya berkat produk mobil listrik, juga sepertinya tertarik. Apalagi terbetik kabar bahwa Obama menginginkan mobil listrik sebagai kendaraan operasionalnya. Hal yang terakhir itu tentunya masih harus ditelaah kembali oleh Secret Service.



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support