Mobil Bekas Terbaik Favorit Anak Muda

Panduan Pembeli

Mobil Bekas Terbaik Favorit Anak Muda

JAKARTA - Mobil-mobil bergenre hatchback masih menjadi incaran para anak muda untuk dijadikan tunggangan kesayangan mereka.

Bagi kalangan muda, mobil merupakan salah satu sarana untuk aktualisasi diri di samping sebagai kendaraan harian. Demi menggapai keduanya, model mobil tentunya menjadi bagian penting bagi pembeli kelas ini.

Ternyata banyak dari mereka menjatuhkan pilihan pada mobil berjenis hatchback. Ini tentunya tak lepas dari tampilan model menarik dari sedan tanpa bagasi ini. Apalagi hatchback merupakan salah satu model mobil yang gampang dimodifikasi sesuai selera para pemiliknya.

Dan ini bukan terjadi saat ini saja di Indonesia. Beberapa dekade lalu, hatchback menjadi pilihan anak muda di masanya.

"Perang Hatchback" sepertinya merupakan pengulangan di medio 80 hingga 90an. Dan peran anak muda dalam hal ini tentunya memegang peranan penting karena generasi inilah yang banyak mempopulerkannya. 

Pada era tahun 80an kebetulan lahir beberapa hatchback favorit yang kemudian menjadi legenda. Sebut saja Honda Civic Wonder 3 pintu atau yang akrab dipanggil Wonder "Setrikaan", Suzuki Forsa, Daihatsu Charade, Toyota Starlet hingga Mazda 323.

Sementara memasuki tahun 90an, beberapa model melakukan regenerasi. Terlihat dari hadirnya Honda Grand Civic Nova dan kemudian Estilo, Toyota Starlet Kapsul, Suzuki Amenity dan Eleny hingga Fiat Uno Turbo yang terkenal akan performanya namun punya kelemahan mudah overheating.

Setelah era tersebut hatchback praktis memasuki masa kegelapan. Pabrikan-pabrikan mulai menghentikan perakitan dan penjualannya. Hatchback kalah populer dengan MPV yang saat itu sedang merayap naik menjadi primadona. 

Memasuki akhir 90-an sampai awal 2000-an praktis hanya ada tiga hatchback menjadi pilihan dan ini dihadirkan oleh pabrikan-pabrikan yang memang kesulitan untuk bersaing di kelas MPV di Indonesia. Ketiganya adalah Hyundai Getz, Chevrolet Aveo dan Peugeot 206.   

"Perang Hatchback" jilid 2 kembali terjadi, dimulai ketika pabrikan-pabrikan papan atas asal Jepang mulai menjual kembali hatchback di tahun 2004. Kala itu hadir nyaris serempak Toyota Yaris, Honda Jazz dan Suzuki Swift. Dan kemudian hingga saat ini diramaikan oleh Mazda2, Nissan March, Kia Rio serta Hyundai i20.

Dan seiring berjalannya waktu, model hatchback memiliki turunan dengan model yang lebih kompak. Hal ini ditenggarai munculnya kelas City Car yang disambung dengan LCGC. 

Seperti kita ketahui kelas City Car terdapat Honda Brio, Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion dan yang terbaru adalah Suzuki Ignis. Sementara di kelas LCGC terdapat Honda Brio Satya, Datsun Go Panca serta duet Toyota Agya dan Daihatsu. Ayla.  

Dengan banyaknya model hatchback tentunya konsumen anak muda kini memiliki banyak pilihan. Range harganya pun beragam dan tentunya memudahkan menyesuaikan pilihan dengan budget.

Berikut adalah Mobil Bekas Terbaik pilihan anak muda versi Mobil123.com. Penilaian subjektif mengenai model, performa dan harga jual kondisi bekasnya yang menjadi pembahasan berikut ini.  

Toyota Yaris


Hatchback andalan Toyota ini sudah memiliki 2 generasi sejak masuk ke Indonesia sekitar 13 tahun lalu. Dan dari keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang diminati konsumen muda.

Yaris memiliki 2 generasi mesin. Generasi pertama menggunakan mesin bertipe 1NZ-FE berkapasitas 1.5-liter. Dengan keluaran tenaga 107 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 142 Nm di rpm 4.200, mesin ini dianggap cukup "bandel" dan dapat diandalkan dalam berbagai kondisi pengendaraan. 

Dengan range tenaga yang relatif sama, mesin Yaris generasi berikutnya menggunakan tipe 2NR-FE. Memiliki tenaga sebesar 107 hp pada 6.000 rpm dan torsi 140 di 4.200 rpm, sumber tenaga ini sudah dilengkapi dengan dual VVT-i. Toyota menyakini bahwa teknologi ini memiliki toleransi terbaik antara performa, gas buang serta konsumsi BBM terbaik.

Dan untuk diketahui, terdapat varian tertinggi dari Yaris bernama Yaris Heykers. Diluncurkan pada akhir tahun 2016, Heykers begitu diminati konsumen dan diklaim Toyota Astra Motor (TAM) sebagai varian paling laris saat ini.

Toyota Yaris keluaran tahun 2006 sampai 2016 beragam tipe ditawarkan dengan range harga Rp 85 juta - Rp 250 juta.

Honda Jazz


Pertama kali diluncurkan pada tahun 2004, Honda Jazz langsung menjadi primadona di kelas hatchback. Bentuknnya yang modern serta dinamis menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumen dan langsung merajai penjualan hatchback. 

Pada awalnya Honda menawarkan dua pilihan mesin dengan kapasitas sama 1.5-liter masing-masing adalah i-DSI dan V-TTEC. Keduanya memiliki keunggulann tersendiri terutama dalam hal efisiensi BBM dan performa. Namun belakangan mesin i-DSI dianggap kurang pas dan memiliki beberapa kendala sehingga PT Honda Prospect Motor (HPM) menghentikan keberadaannya. 

Hal lain yang menarik pada Honda Jazz adalah merupakan salah satu pelopor penggunaan transmisi berteknologi Continous Variable Transmission (CVT). Beragam keunggulan menyertai teknologi ini di antaranya adalah akselerasi halus serta minim hentakan dan tentunya dapat membuat irit BBM. 

Namun pertama keberadaannya transmisi CVT dianggap kurang tangguh dan banyak masalah. Meski Honda sudah melakukan pemutakhiran teknologi, namun jika Anda berniat membeli Jazz pada tahun-tahun awal hal ini patut menjadi perhatian. Cek benar-benar kondisinya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Honda Jazz produksi rentang tahun 2005 - 2016 dalam beragam tipe ditawarkan dengan harga Rp 82 juta hingga Rp 243 juta. 

Mazda2


Mobil123.com menjuluki andalan Mazda ini sebagai hatchback dengan segudang fitur. Karena praktis, Mazda2 (khususnya model 2014 hingga kini) memiliki fitur paling advanced dibandingkan seluruh kompetitor di kelasnya. 

Pemegang peran penting pada kondisi ini tentunya teknologi SKYACTIV yang menyertainya. Karena SKYACTIV yang membuat Mazda2 menjadi unggul dalam performa, menyenangkan untuk dikendarai dan tentunya memiliki efisiensi konsumsi BBM terbaik. 

Berbicara soal performa, salah satu keunggulan Mazda2 adalah memiliki transmisi pintar guna mengeksplorasi tenaga mesin. Anda bisa menggunakan mode Sport jika ingin bermanufer dengan mantap. Pada kondisi ini perpindahan gear bisa terjadi di rpm 4.000 ke atas atau lebih tinggi dibanding mode normal di 2.000-2.500 rpm saja.

Unjuk kerja suspensi Mazda2 juga tergolong mampu mengimbangi performanya. Ini tentunya membuat percaya diri siapa pun yang mengendarainya terutama saat melakukan manufer. Namun sayang, saat melewati jalan sedikit kasar bantingan suspensi jadi terasa keras dan cukup menghentak kabin.

Mazda2 keluaran tahun 2009 hingga 2016 dalam berbagai tipe ditawarkan dengan rentang harga Rp 113 juta - Rp 245 juta.

Honda Brio


Kendaraan paling populer di kelas City Car ini memang menjadi favorit anak muda khususnya kaum hawa. Bentuknya kompak dan desainnya yang eye cathing tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi Honda Brio

Keunggulan lain dari Honda Brio adalah kombinasi mesin dan transmisi yang terbukti mampu mengakomodir dalam hal performa juga efisiensi BBM. Mobil123.com pernah membuktinya beberapa waktu lalu. Dengan beberapa cara, Honda Brio yang dilengkapi mesin 1.2-liter i-VTEC bertenaga 90 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.800 rpm memiliki konsumsi sangat irit.

Honda Brio produksi 2012-2016 dalam beragam varian ditawarkan dengan harga Rp 105 juta - Rp  140 juta. Jika Anda berminat dengan Honda Brio yang lebih murah bisa memilih Honda Brio Satya. Bermain di kelas LCGC, mobil ini hanya ditawarkan versi transmisi manual.

Toyota Agya


Dan Mobil Bekas Terbaik pilihan anak muda jatuh pada Toyota Agya. Primadona di kelas LCGC ini diminati oleh konsumen khususnya kaum hawa karena dinilai memiliki finish product terbaik dibanding para kompetitor di kelasnya. 

Generasi pertama Toyota Agya dibekali dengan mesin 1KR-VE berkapasitas 1.0 liter. Dan kini Toyota melansir versi mesin yang lebih besar yakni berkapasitas 1.2-liter berkode 3NR-FE.

Toyota Agya keluaran 2013-2016 dalam beragam tipe dibanderol dalam rentang Rp 85 juta - Rp 112,5 juta. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual