Mitsubishi Indonesia Akui Ingin Setop Sementara Produksi Pajero Sport

Berita Otomotif

Mitsubishi Indonesia Akui Ingin Setop Sementara Produksi Pajero Sport

JAKARTA – Mitsubishi akhirnya membenarkan informasi mengenai rencana kembali mengimpor Pajero Sport untuk sementara waktu dan mengalihkan ‘jatah’ milik SUV ini di pabrik Cikarang, Bekasi kepada Xpander.

Seperti diberitakan sebelumnya, pejabat Kementerian Perindustrian dalam wawancara dengan Mobil123.com mengungkapkan bahwa Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation, menemui mereka pada Oktober di Jakarta. Ia datang ke Indonesia untuk menyampaikan komitmen investasi perluasan pabrik Cikarang pada 2020, juga rencana Mitsubishi mengubah status Pajero Sport dari produk rakitan lokal menjadi impor utuh (Completely Built-Up) sejak 2019 hingga 2020 karena kapasitas produksinya ingin dipakai memenuhi kebutuhan ekspor Xpander.

Saat pertama kali dimintai konfirmasi, PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek di Indonesia menolak memberikan tanggapan. Namun, melalui jawaban resmi yang diterima Mobil123.com pada Kamis (29/11/2018) malam, akhirnya mereka mengakui niat itu.

Menurut mereka, Mitsubishi telah mulai mengekspor Xpander rakitan Cikarang pada April 2018 dan produk ini sangat diterima tidak hanya di Indonesia, melainkan juga negara-negara lain. Untuk dapat menyediakan Xpander ke banyak konsumen sesegera mungkin, Mitsubishi telah memutuskan untuk meningkatkan produksi di pabrik yang dioperasikan oleh PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

“Saat ini kami bekerja keras untuk memperluas perlengkapan produksi serta meningkatkan tenaga kerja di MMKI, namun untuk segera memenuhi permintaan yang telah ada, kami berkonsultasi dengan pemerintah untuk dapat melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dari Thailand dan mempergunakan lini produksinya untuk memproduksi XPANDER. Kami akan terus meningkatkan bisnis produksi dan penjualan untuk berkontribusi pada ekonomi di Indonesia,” tulis MMKSI dalam pernyataan resmi mereka.

Pajero Sport mulai dirakit lokal pada April 2017, setelah pabrik Cikarang dengan kapasitas produksi terpasang 160 ribu unit per tahun resmi beroperasi. Sebelumnya, Pajero Sport dijual sebagai mobil impor CBU dari Thailand. Xpander, yang meluncur pada Agustus 2017, menjadi model kedua yang dirakit di sana.

Permintaan pasar domestik serta ekspor untuk Xpander yang jauh melebihi ekspektasi membuat merek berlogo tiga berlian ini kewalahan. Mereka terus-menerus menambah kapasitas produksi Xpander dari tadinya 80 ribu per tahun menjadi 115 ribu unit per tahun pada 2018.

Mitsubishi kemudian akan meningkatkannya lagi menjadi 150 ribu unit per tahun pada 2019. Terakhir, dengan investasi tambahan 4 miliar yen atau lebih dari Rp 500 miliar, mereka menjadikan kapasitas produksi Xpander 160 ribu per tahun pada 2020, dari total kapasitas terpasang yang nantinya mencapai 220 ribu unit per tahun. Kuota ekspor Xpander sendiri tak berubah dari awal yaitu sekitar 30 persen dari kapasitas produksi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar