Merek China DFSK Pamerkan Mobil Listrik Seres SF5 di Indonesia

Berita Otomotif

Merek China DFSK Pamerkan Mobil Listrik Seres SF5 di Indonesia

SURABAYA – Merek China DFSK untuk kesekian kalinya pamerkan mobil listrik di Indonesia. Kali ini, yang dibawa dan dipajang adalah DFSK Seres SF5.

DFSK, pada Desember 2021 ini, memperkenalkan model mobil listrik yaitu Seres SF5. Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya yang berlangsung pada 8-12 Desember di Grand City Convex mereka jadikan momentum.

“Pengembangkan Seres SF5 menjadi bukti nyata R&D (Research and Development) DFSK dalam mengembangkan kendaraan listrik yang benar-benar canggih dan memanjakan penumpangnya dalam menjalani aktivitas mobilitasnya sehari-hari,” kata Public Relations and Media Manager PT. Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi melalui keterangan resmi.

mobil listrik DFSK Seres SF5

Dua merek mobil China yang ada di Indonesia, Wuling serta DFSK, dalam beberapa kesempatan memang memamerkan model-model nihil emisi gas buang di depan publik. Wuling, misalnya, memperlihatkan Mini EV di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 pada November kemarin di Serpong, Tangerang.

DFSK malah lebih sering lagi. Sejak meresmikan pabrik di Banten, Jawa Barat pada akhir 2017 dan memulai penjualan pada 2018, mereka telah memamerkan beberapa mobil listrik yakni Glory E3 (2019) maupun Gelora E (2020).

Gelora E bahkan akhirnya dijual dan menjadi mobil niaga bertenaga listrik pertama di Tanah Air.

mobil listrik DFSK Gelora E

Sayangnya, DFSK tidak menjelaskan lebih jauh apakah Seres SF5 direncanakan meluncur di Indonesia pada masa mendatang. Pemerintah sendiri telah menyiapkan insentif fiskal serta non-fiskal bagi berbagai teknologi mobil listrik melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, dengan syarat perakitan lokal dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu di antaranya adalah tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) spesial sampai dengan 0 persen yang berlaku mulai 16 Oktober 2021.

Spesifikasi Mobil Listrik DFSK Seres SF5

Seres SF5 merupakan SUV listrik yang dipersenjatai High Performance Dual Electric Motor dengan sistem penggerak empat roda (4x4). Di depan, terdapat motor listrik berdaya 255 kW yang dibantu lagi oleh motor listrik bertenaga 150 kW di belakang.

Performa tingginya digambarkan dengan klaim akselerasi 0-100 km per jam yang hanya membutuhkan 4,7 detik—sudah setara dengan mobil sport bermesin konvensional.

mobil listrik DFSK Seres SF5

Sumber energi datang dari baterai lithium-ion berdaya 35 kWh. Di fasilitas pengecasan cepat (fast charging) daya baterai 20-80 persen digapai dalam waktu tak sampai satu jam.

Teknologi lain yang melingkupi Seres SF5 ialah Intelligent Extended Range Technology. Teknologi ini berguna kalau pengemudi tidak menemukan stasiun pengecasan di perjalanan, dengan memanfaatkan mesin pembakaran internal sebagai generator darurat untuk mengisi ulang ketika daya baterai tinggal 20 persen.

Berbekal Extended Range Technology, ada tambahan jarak tempuh hingga 1.000 km.

Dalam hal konektivitas, SF5 Seres disokong Huawei Intelligence Car (HICar). [Xan/Ses]

Ketahui daftar harga mobil baru DFSK di sini.



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar