Mercedes-Benz Sediakan Parkiran Khusus Mobil Otonom

Berita Otomotif

Mercedes-Benz Sediakan Parkiran Khusus Mobil Otonom

BEIJING – Daimler melalui Mercedes-Benz dan Bosch resmi membuka Automated Valet Parking, fasilitas parkir khusus mobil otonom pertama mereka di Beijing, Cina.

Peresmian ini dilakukan setelah mereka melakukan pengembangan selama satu tahun di Mercedes-Benz Museum, Stuttgart, Jerman. Dipilihnya kota Beijing sebagai lokasi pertama Automated Valet Parking bukanlah sembarangan.

Mercedes-Benz adalah produsen otomotif international pertama yang berhasil mendapat lisensi untuk melakukan uji jalan kendraan sangat otomatis (mobil otonom level 4) di Beijing. Maka tidak heran bila mereka langsung memanfaatkannya.

Automated Valet Parking adalah langkah penting dalam mobil otonom. Dengan infrastruktur cerdas yang dikembangkan oleh Bosch, pengemudi dapat menyuruh mobil untuk mencari parkir sendiri melalui aplikasi smartphone.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Pertama, pengendara harus memarkirkan kendaraan di area drop-off yang sudah ditentukan. Kemudian Ia menggunakan aplikasi di smartphone untuk memerintahkan mobilnya agar diparkir. Infrastruktur cerdas yang dipasang di tempat parkir tersebut akan mencatat perintah dan memandu mobil ke lokasi.

Lebih detail lagi, sensor yang terpasang di lokasi parkir akan memantau koridor saat mengendalikan mobil. Teknologi di mobil akan menerima dan merespon setiap perintah yang dikeluarkan infrastruktur cerdas agar tidak mengalami kecelakaan.

Dan ketika pemilik kendaraan ingin pulang, Ia cukup kembali ke area penjemputan dan memanggil mobil melalui aplikasi smartphone. Mobil akan pergi ke lokasi penjemputan. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support