Ricciardo Raih Kemenangan di GP Azerbaijan 2017

Berita Otomotif

Ricciardo Raih Kemenangan di GP Azerbaijan 2017

BAKU – Daniel Ricciardo dari Red Bull berhasil memenangkan GP Azebaijan disusul oleh Valtteri Bottas dari Mercedes dan Lance Stroll dari Williams. Sementara Sebastian Vettel dari Ferrari harus puas duduk di posisi keempat dan Lewis Hamilton berada di posisi kelima.

Pertandingan yang tersaji di Baku City Circuit sendiri terbilang penuh drama. Hal ini karena ada tiga kali safety car masuk dan red-flag yang dikibarkan untuk menghentikan balapan.

Kemenangan Ricciardo ini terbilang cukup menarik. Pasalnya Ia sempat harus tertinggal hingga posisi ke 17 karena harus masuk pit stip lebih awal akibat adanya kerusakan pada mobilnya. Namun dikarenakan Hamilton yang sedang memimpin balapan dan Vettel mengalami insiden sehingga harus masuk pit saat safety car di lintasan, posisinya menjadi diiuntungkan.

Hamilton sendiri sebenarnya dengan mudah dapat memimpin balapan hingga lap ke-13 saat safety car masuk pertama kali untuk membantu Daniil Kvyat dari Toro Rosso yang mengalami kerusakan.

Tak lama, balapan kembali dilanjutkan di lap ke-16 namun safety car kembali harus masuk karena adanya kecelakaan yang diakibatkan Esteban Ocon dari Force India melakukan manuver menyalip rekan satu timnya Serigo Perez di tikungan dua saat balapan kembali dilakukan.

Safetycar kembali memimpin balapan hingga lap 21. Ketika itu, Hamilton mengeluh berkali-kali bahwa safety car terlalu lambat. Hamilton sendiri dianggap terlalu lambat untuk menekan gas pada tikungan 16 lap 20 sehingga menyebabkan Vettel terkejut dan menabraknya dari belakang. Akibatnya, Hamilton terkena penalty 10 detik.

Balapan terpaksa harus dihentikan ketika bendera merah dikibarkan pada lap 22 untuk membersihkan serpihan di lintasan. Saat balapan dihentikan, semua tim memanfaatkan hal ini untuk memperbaiki mobilnya masing-masing. Ocon mendapatkan ban depan baru sementara Perez mendapatkan hidung dan sayap depan baru.

Di saat yang sama, Kimi Raikkonen dari Ferrari mendapat serangan dari Bottas di awal-awal lap juga harus mendapatkan banyak perbaikan. Perez dan Raikkonen pun akhirnya menghentikan balapannya setelah mendapat penalty akibat mereka memperbaiki mobil diluar tempat yang seharusnya. Sementara Vettel mendapat hidung baru dan Hamilton memperbaiki diffusernya.

Balapan dihentikan selama 23 menit, Hamilton memulai dengan kembali mempimpin balapan didepan Vettel, Stroll dan Massa dari Williams. Ketika balapan dimulai, Ricciardo berhasil memperbaiki posisinya menjadi posisi ketiga, tepat saat tikungan pertama.

Saat balapan dimulai, Hamilton menemukan bajwa headrest yang digunakan tidak pas sehingga saat lap 31, Ia memutuskan untuk memperbaikinya. Akibatnya, Hamilton harus turun hingga peringkat delapan. Keika itu, Riiciardo telah memimpin balapan.

Sementara itu Stroll berada di belakangnya dan Bottas di peringkat ketika. Sayangnya, ketika lintasan lurus terakhir menjelang garis finis, Bottas berhasil menyusulnya untuk duduk di posisi kedua. Stroll pun harus puas duduk di posisi ketiga. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual