Mercedes-Benz Kasih Petunjuk Selanjutnya Soal Rencana Perakitan Lokal Mobil Listrik

Mobil Listrik

Mercedes-Benz Kasih Petunjuk Selanjutnya Soal Rencana Perakitan Lokal Mobil Listrik

JAKARTA – Rencana perakitan mobil listrik Mercedes-Benz di Indonesia tetap berlanjut, setelah bisnis mereka diambil alih Inchcape-Indomobil Group. Petunjuk mengenai modelnya sudah diberikan.

Sekadar mengingatkan, sejak 29 September 2023, saham MBDI (distributor Mercedes-Benz) maupun PT Mercedes-Benz Indonesia (produsen Mercedes-Benz) resmi dibeli oleh duet Inchcape-Indomobil. Kepemilikan saham keduanya terbagi menjadi 70 persen serta 30 persen.

Chief Executive Officer PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Roelof Lamberts memastikan pihaknya masih berniat merakit lokal mobil listrik di negeri ini, di bawah kepemimpinan Inchcape-Indomobil. Rencana ini sendiri pertama kali mereka umumkan pada 2022.

“Sama kali tidak ada perubahan karena akuisisi yang dilakukan oleh Inchcape. Setiap rencana yang kami sudah buat sebelumnya akan tetap dilakukan. Saya pastikan bahwa kami sangat menanti-nanti peluncuran mobil listrik rakitan lokal,” ucap dia usai peluncuran tujuh model baru Mercedes-Benz, Selasa (14/11/2023) di Jakarta.

mobil listrik Mercedes-Benz EQB

Mercedes-Benz sendiri, dalam dua tahun terakhir, telah meluncurkan berbagai macam mobil listrik murni di negeri ini. Tahun lalu, mereka merilis Mercedes-Benz EQS 450+ AMG Line, Mercedes-Benz 450+ Electric Art Line, serta Mercedes-Benz EQE 350+ Art Line.

Pada 2023, giliran mobil listrik Mercedes-Benz EQA, Mercedes-Benz EQB, Mercedes-Benz EQS SUV, plus Mercedes-Benz EQS Edition One yang mereka ‘terjunkan’ ke pasar.

Dari semua model tersebut, hanya EQS Edition One yang diproduksi dan dijual terbatas. Pasar Indonesia hanya kebagian jatah 12 unit.

mobil listrik Mercedes-Benz EQS Edition One

Menurut Lamberts, saat ini masih terlalu dini untuk memberitahukan progres dari rencana perakitan lokal Mercedes-Benz. Demikian pula dengan waktunya tepatnya.

Namun, ia memberikan sekelumit bocoran mengenai calon mobil listrik Mercedes-Benz produksi pabrik mereka di Wanaherang, Bogor.

“Mobil listrik rakitan Indonesia itu hampir pasti bukan dari model-model yang dijual saat ini,” beber dia.

“Kami punya rencana untuk kelak merakit lokal mobil-mobil listrik (Mercedes-Benz) di setiap segmen,” tambah dia. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang