Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ini Waktu Ideal Ganti Plat Kopling Transmisi AGS Suzuki Ignis

Panduan Pembeli

Ini Waktu Ideal Ganti Plat Kopling Transmisi AGS Suzuki Ignis

JAKARTA - Suzuki Ignis ditawarkan dalam dua pilihan transmisi satu di antaranya, yaitu Automatic Gear Shift (AGS).

 

Transmisi AGS merupakan gabungan transmisi manual dan otomatis atau umum disebut Automated Manual Transmission (AMT). 

 

Mobil dengan transmisi AMT seperti Suzuki Ignis AGS tidak dibekali dengan pedal kopling. Perannya digantikan aktuator hidraulis untuk penggantian gigi secara otomatis.

 

Meski digerakkan oleh aktuator hidraulis tetap saja semuanya bertumpu ke plat kopling dalam perpindahan gigi. Oleh karena itu, penting bagi pengguna Suzuki Ignis AGS untuk rutin mengganti plat kopling.

“Biasanya dari kami sudah berikan saran ke pemilik Suzuki Ignis untuk mengganti plat kopling sekitar 30 ribu - 40 ribu kilometer, maksimal 50 ribu kilometer ganti plat kopling,” kata Harry Yanto, Service Advisor Suzuki Kebayoran Jaya Indah Utama Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Apabila plat kopling tidak diganti pengaruhnya bisa ke AGS, di mana kabel baja sebagai aktuator untuk perpindahan gigi bisa saja putus.

“Karena dekrup atau matahari koplingnya sudah keras maka sling baja pada AGS-nya bekerja keras untuk memindahkan gigi dan akhirnya putus akibat matahari atau dekrup terlalu keras,” jelasnya. 

Kalau sudah putus, otomatis harus ganti satu paket dengan AGS dan harganya sangat mahal . “Bisa mencapai Rp4 juta untuk satu set transmisi AGS beserta kabel baja tersebut. Tidak bisa diperbaiki ataupun diganti kabel baja di AGS tersebut,” tambahnya. 

Meskipun ukuran plat kopling transmisi AGS sama dengan transmisi manual, tapi tidak bisa di reset oleh AGS, sehingga jangan sampai tertukar dengan versi transmisi manual.

“Plat kopling Ignis manual ke AGS bisa terpasang tetapi tidak bisa di learning atau reset kembali seperti semula,” ujar Harry. 

Untuk penggantian plat kopling Suzuki Ignis AGS di bengkel resmi sekira Rp 2,5 juta. (AP/)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang